Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan AS Optimistis Bisa Rencanakan Perjalanan dengan Kapal Pesiar Tahun 2022

Kompas.com - 04/03/2022, 10:10 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Survei di Amerika mengenai persepsi perjalanan wisata dengan kapal pesiar di tahun 2022 mendapatkan hasil cukup positif. Artinya, para konsumen optimistis untuk merencanakan perjalanan ini.

Untuk diketahui, melansir Kompas.com, sebelumnya perjalanan kapal pesiar saat pandemi dianggap memiliki resiko penyebaran Covid-19 yang tinggi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) menghentikan sementara operasional seluruh kapal pesiar sejak Maret 2020. Lalu pada Juni 2021, kapal pesiar baru boleh kembali berlayar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Berlayar Perdana pada 4 Maret 2022

Wisatawan AS pun optimistis bisa melakukan perjalanan kapal pesiar tahun 2022 menurut survei oleh Arrivia, platform teknologi perjalanan dan pemesanan kapal pesiar yang bekerja dengan perusahaan dan berhubungan dengan konsumen di seluruh dunia.

Perusahaan ini meneliti 1.453 orang AS pada 3 November 2021 sampai 10 Januari 2022 yang merupakan anggota klub perjalanan atau program perjalanan.

Survei tersebut meneliti tentang sikap dan preferensi mereka seputar perjalanan kapal pesiar pada tahun ini.

Baca juga: Kapal Pesiar Hentikan Pelayaran ke Rusia dan Ukraina Akibat Perang

Survei kapal pesiar konsumen Ready to Board mengungkapkan bahwa lebih dari 80 persen responden telah memesan kapal pesiar, sedang merencanakan, atau mempertimbangkan liburan kapal pesiar dalam dua tahun ke depan.

Berikut kategori yang disurvei dan persentasenya:

1. Konsumen optimistis membuat rencana pergi berlayar

Meski pandemi dan pembatasan perjalanan masih menjadi perhatian, para responden cukup optimistis untuk berlayar tahun 2022.

Dari konsumen yang telah memesan kapal pesiar, 37 persen dari responden ingin bepergian saat musim semi, 22 persen saat musim panas, dan 31 persen di musim gugur.

Sementara, sisa 10 persen lagi sudah siap mengemas barang mereka dan berangkat pada musim dingin.

2. Omicron tidak menjadi ancaman

Pertanyaan yang ditanyakan kepada responden dalam kategori ini adalah "Apakah Anda sudah atau akan merencanakan untuk memesan perjalanan kapal pesiar dalam dua tahun ke depan?"

Dari semua responden, lebih dari 80 persen menjawab telah merencanakan bepergian dengan kapal pesiar, dengan rincian 63 persen berencana dan 20 persen mengatakan "mungkin".

Baca juga: Dua Kapal Pesiar dari Norwegia Izinkan Penumpang Mereka Lepas Masker

Sedangkan 16 persen dari responden mengatakan mereka sudah memesan tiket perjalanan, dan sisanya satu persen menjawab "tidak".

3. Liburan dengan jenis kapal pesiar yang diinginkan

Mayoritas dari responden yang merencanakan perjalanan dengan kapal pesiar memiliki keinginan dan ekspektasi yang tinggi.

Ilustrasi kapal pesiar - Costa Cruises.PIXABAY Ilustrasi kapal pesiar - Costa Cruises.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com