Kompas.com - 04/03/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Ukraina tengah menjadi sorotan dunia akibat serangan militer Rusia. Memasuki hari ke-9 sejak invansi militer perdana pada Kamis (24/2/2022) lalu, belum ada tanda-tanda perang akan berhenti.

Ibu kota Ukraina, Kyiv atau Kiev turut menjadi sasaran perang. Mengutip Kompas.com, Jumat (25/2/2022) sebanyak dua ledakan keras terdengar di pusat kota Kiev pada pagi hari kata seorang wartawan AFP. Ledakan terdengar saat pasukan Rusia mendekat ke ibu kota Ukraina.

Padahal, Kiev memiliki sejumlah bangunan sejarah yang menjadi ikon Ukraina, termasuk Katedral Saint Sophia dan Biara Pechersk Lavra.

Baca juga: 7 Warisan Budaya UNESCO yang Terancam Akibat Perang Rusia-Ukraina

Baca juga: Kyiv atau Kiev? Ini Penulisan Nama Ibu Kota Ukraina dan Penjelasannya

Tak hanya di Ukraina, kedua bangunan sejarah tersebut terkenal di kalangan mancanegara dan menjadi incaran wisatawan asing saat berkunjung ke Kiev, Ukraina.

Berikut fakta-fakta mengenai Katedral Saint Sophia dan Biara Pechersk Lavra di Kiev, Ukraina: 

1. Katedral Saint Sophia dan Biara Pechersk Lavra

Mengutip situs Sophia of Kiev, National Conservation Area, Jumat (4/3/2022), Katedral Saint Sophia telah berdiri di Kiev selama seribu tahun lamanya.

Bangunan ini merupakan gereja Kristen paling kuno yang masih terpelihara hingga saat ini. Bangunan sejarah ini memiliki arsitektur kuno yakni ansambel mosaik dari abad ke-11 seluas 260 meter persegi dan lukisan dinding seluar 3.000 meter persegi.

Baca juga: Kapal Pesiar Hentikan Pelayaran ke Rusia dan Ukraina Akibat Perang

Sedangkan, Biara Pechersk Lavra atau Kiev Pechersk Lavra (Biara Gua Kiev) masih berada dalam satu kompleks dengan Katedral Saint Sophia. Biara ini didirikan pada sekitar tahun 1015.

2. Berada dalam satu kompleks

Kedua bangunan bersejarah tersebut berada di dalam satu kompleks. Mengutip situs World History Encyclopedia, Katedral Saint Sophia memiliki 13 kubah.

Kubah tinggi yang berada di tengah kuil dengan gaya Bizantium dibangun untuk mengingatkan umat kepada Kristus. Sedangkan, 12 kubah katedral lainnya dikaitkan dengan para rasul.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.