Kompas.com - 05/03/2022, 09:19 WIB

KOMPAS.com - Serangan militer yang dilancarkan Rusia terhadap Ukraina pada Kamis (24/2/2022) berdampak terhadap situasi penerbangan di kedua negara. 

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (25/2/2022), sejumlah maskapai penerbangan menghentikan sementara penerbangannya ke Ukraina. Situs web Flightradar24 menunjukkan tidak adanya pesawat yang melintasi wilayah udara negara tersebut. 

Baca juga: Dampak Perang Rusia-Ukraina, Penghentian Penerbangan hingga ke Negara Tetangga

Penghentian sementara penerbangan tentunya memengaruhi negara-negara yang berbatasan dengan Ukraina, salah satunya Moldova. 

Lalu, bagaimana efek serangan tersebut terhadap situasi penerbangan di Rusia? Berikut informasi yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber:

Pelarangan pesawat Rusia ke Amerika Serikat dan Uni Eropa

Pada Selasa (1/3/2022), Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan pelarangan pesawat asal Rusia untuk terbang di wilayah udara AS. 

Dilansir dari CNBC, pelarangan ini berlaku untuk pesawat yang dimiliki atau didaftarkan oleh Rusia. Adapun pelarangan ini sudah dilakukan sejak Rabu (3/3/2022) malam.

Sebelumnya, pada Minggu (27/2/2022), Uni Eropa (UE) juga menutup wilayah udaranya untuk pesawat yang dimiliki, didaftarkan, dan dikendalikan oleh Rusia. Artinya, pesawat tersebut tidak boleh mendarat, terbang, atau melintasi wilayah negara-negara UE. 

Sebagaimana dikabarkan oleh BBC, satu-persatu negara-negara UE telah menutup wilayah udara mereka untuk pesawat asal Rusia. 

Baca juga: 7 Warisan Budaya UNESCO yang Terancam Akibat Perang Rusia-Ukraina

Ilustrasi pesawat, ilustrasi penerbangan.SHUTTERSTOCK/Skycolors Ilustrasi pesawat, ilustrasi penerbangan.

Rusia tutup akses penerbangan dari 36 negara

Pada Senin (28/2/2022), Rusia menutup akses ke wilayah udaranya untuk 36 negara.

Hal ini tercantum dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Badan Transportasi Udara Federal Rusia atau Rosaviation, dikutip dari laman TRT World.

Keputusan ini berdampak terhadap maskapai penerbangan dari banyak negara, di antaranya Austria, Bulgaria, Hungaria, Jerman, Yunani, Irlandia, Islandia, Spanyol, Italia, Kanada, Latvia, Lithuania, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slowakia, Finlandia, Perancis, Kroasia, Swedia, Denmark, Malta, dan Luksemburg. 

Baca juga: Kapal Pesiar Hentikan Pelayaran ke Rusia dan Ukraina Akibat Perang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.