Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi Penerbangan Rusia akibat Konflik Rusia-Ukraina, Ada Larangan Terbang

Kompas.com - 05/03/2022, 09:19 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Serangan militer yang dilancarkan Rusia terhadap Ukraina pada Kamis (24/2/2022) berdampak terhadap situasi penerbangan di kedua negara. 

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (25/2/2022), sejumlah maskapai penerbangan menghentikan sementara penerbangannya ke Ukraina. Situs web Flightradar24 menunjukkan tidak adanya pesawat yang melintasi wilayah udara negara tersebut. 

Baca juga: Dampak Perang Rusia-Ukraina, Penghentian Penerbangan hingga ke Negara Tetangga

Penghentian sementara penerbangan tentunya memengaruhi negara-negara yang berbatasan dengan Ukraina, salah satunya Moldova. 

Lalu, bagaimana efek serangan tersebut terhadap situasi penerbangan di Rusia? Berikut informasi yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber:

Pelarangan pesawat Rusia ke Amerika Serikat dan Uni Eropa

Pada Selasa (1/3/2022), Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan pelarangan pesawat asal Rusia untuk terbang di wilayah udara AS. 

Dilansir dari CNBC, pelarangan ini berlaku untuk pesawat yang dimiliki atau didaftarkan oleh Rusia. Adapun pelarangan ini sudah dilakukan sejak Rabu (3/3/2022) malam.

Sebelumnya, pada Minggu (27/2/2022), Uni Eropa (UE) juga menutup wilayah udaranya untuk pesawat yang dimiliki, didaftarkan, dan dikendalikan oleh Rusia. Artinya, pesawat tersebut tidak boleh mendarat, terbang, atau melintasi wilayah negara-negara UE. 

Sebagaimana dikabarkan oleh BBC, satu-persatu negara-negara UE telah menutup wilayah udara mereka untuk pesawat asal Rusia. 

Baca juga: 7 Warisan Budaya UNESCO yang Terancam Akibat Perang Rusia-Ukraina

Ilustrasi pesawat, ilustrasi penerbangan.SHUTTERSTOCK/Skycolors Ilustrasi pesawat, ilustrasi penerbangan.

Rusia tutup akses penerbangan dari 36 negara

Pada Senin (28/2/2022), Rusia menutup akses ke wilayah udaranya untuk 36 negara.

Hal ini tercantum dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Badan Transportasi Udara Federal Rusia atau Rosaviation, dikutip dari laman TRT World.

Keputusan ini berdampak terhadap maskapai penerbangan dari banyak negara, di antaranya Austria, Bulgaria, Hungaria, Jerman, Yunani, Irlandia, Islandia, Spanyol, Italia, Kanada, Latvia, Lithuania, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slowakia, Finlandia, Perancis, Kroasia, Swedia, Denmark, Malta, dan Luksemburg. 

Baca juga: Kapal Pesiar Hentikan Pelayaran ke Rusia dan Ukraina Akibat Perang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com