Kompas.com - 05/03/2022, 16:16 WIB

KOMPAS.com - Uji coba tanpa karantina bagi turis asing di Bali, kabarnya dipercepat, dari yang semula 14 Maret, menjadi Senin (7/3/2022).

Informasi ini dikonfirmasi langsung oleh Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Kurleni Ukar atau Nike kepada Kompas.com, Sabtu (5/3/2022).

"Betul, rapat tingkat menteri kemarin memutuskan untuk mengusulkan uji coba Bali tanpa karantina mulai 7 Maret 2022," kata Nike.

Baca juga: Bali Uji Coba Bebas Karantina dan Visa on Arrival Mulai 7 Maret

Kendati demikian, Nike menambahkan bahwa kebijakan ini masih menunggu persetujuan dari Presiden Joko Widodo, serta keluarnya Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19.

Alasan bebas karantina di Bali dipercepat

Bukan tanpa alasan, percepatan uji coba bebas karantina Bali dipercepat oleh pemerintah setelah mempertimbangkan sejumlah faktor pendukung.

  • Positive rate rendah

Salah satu alasan bebas karantina di Bali dipercepat adalah menurut hasil evaluasi terhadap wisatawan mancanegara (wisman) yang datang, tingkat positivity rate-nya terbilang rendah.

Ini dibuktikan oleh hasil entry test PCR yang hanya 0,47 persen dan exit test PCR sebesar 1 persen.

Baca juga: 3 Maskapai Penerbangan Rute Internasional Tiba Perdana di Bali

"Sebagian negara pesaing, kita sudah tidak lagi menerapkan karantina walaupun kasus harian dan positivity rate-nya lebih tinggi dari Indonesia, maka kebijakan tanpa karantina sudah saatnya diberlakukan dengan tetap mengedepankan prinsip produktif aman covid-19," ujar Nike.

  • Penurunan tren kasus Covid-19

Faktor lain yang turut mendukung percepatan uji coba bebas karantina, ialah kondisi terkini di Bali yang telah menunjukkan tren penurunan kasus Covid-19.

Selain itu, Nike juga menyampaikan bahwa tingkat vaksinasi dosis kedua di Bali sudah sangat tinggi dibanding provinsi lainnya, serta dosis kedua untuk lansia dan suntikan booster terus diupayakan untuk dipercepat.

Ilustrasi Bali - Para umat Hindu sedang melakukan ritual di Pura Tirta Empul, Gianyar, Bali.SHUTTERSTOCK / Viktoriya Krayn Ilustrasi Bali - Para umat Hindu sedang melakukan ritual di Pura Tirta Empul, Gianyar, Bali.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.