Kompas.com - 07/03/2022, 10:29 WIB

KOMPAS.com - Serangan Rusia ke Ukraina masih berlangsung dan pada Senin (07/03/2022) memasuki hari ke-12 sejak dimulai pada 24 Februari.

Sementara banyak warga mengungsi ke beberapa negara tetangga, sebagian lainnya masih menetap. Misalnya, para pekerja kebun binatang yang menetap untuk merawat satwa-satwa di kebun binatang.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-11 Serangan Rusia ke Ukraina, 4.300 Warga Rusia Ditahan, Erdogan Desak Gencatan Senjata

Di kebun binatang Kyiv (Kyiv Zoo), misalnya, sebagian satwa telah dievakuasi, seperti singa, harimau, caraca, dan anjing liar Afrika yang dibawa ke tempat aman di Polandia.

Namun, dikutip Kompas.com dari Independent, para staf hanya bisa menyelamatkan sekitar 80 satwa yang mereka bisa, sementara sekitar 4.000 satwa lainnya masih berada di Kebun Binatang Kyiv.

Pihak kebun binatang mengatakan, mereka mungkin hanya punya persediaan makanan bagi para satwa untuk sekitar 10 hari lagi.

Pengelola kebun binatang khawatir para satwa mati, baik karena terkena serangan atau kelaparan.

Beberapa orang dari kebun binatang, yang punya peluang terbaik untuk selamat di perjalanan, pergi untuk misi penyelamatan satwa dengan bantuan dari Kebun Binatang Poznan di Polandia barat.

Meskipun, rombongan tersebut sempat memutar balik berkali-kali karena jalan-jalan yang dilalui diledakkan dan tak mungkin dilewati.

"Mereka harus memutar balik berkali-kali, karena semua jalan diledakkan, penuh lubang, dan tidak mungkin dilalui kargo seperti itu. Itulah mengapa sebabnya butuh waktu cukup lama (untuk evakuasi satwa)," ujar juru bicara kebun binatang, Malgorzata Chodyla, seperti dikutip Kompas.com dari Independent.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.