Kompas.com - 07/03/2022, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Singapura mengumumkan rencana perluasan wilayah untuk jalur khusus vaksinasi atau vaccinated travel lane (VTL) ke Indonesia dan beberapa negara lainnya, pada Jumat (4/3/2022). 

Untuk diketahui, VTL adalah jalur khusus wisata dari satu negara ke negara lainnya. Melalui VTL Singapura, wisatawan asing boleh masuk ke negara ini tanpa karantina, dengan syarat telah divaksinasi penuh.

Wisatawan hanya wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 sebelum keberangkatan ke Singapura. Kemudian, melakukan tes rapid antigen mandiri dalam waktu 24 jam setibanya mereka di Negeri Singa. 

Baca juga: 800 Turis Singapura Pesan Tiket ke Batam dan Bintan, hingga Mei 2022

Singapura akan perluas skema VTL ke Indonesia, Malaysia, dan India

Ilustrasi patung Merlion yang ikonik di Singapura.SHUTTERSTOCK Ilustrasi patung Merlion yang ikonik di Singapura.

Dilansir dari The Straits Times, Senin (7/3/2022), perluasan wilayah VTL ke Indonesia, Malaysia, dan India akan dilakukan minggu depan.

Mulai 16 Maret 2022, VTL untuk Indonesia akan diperluas ke luar Jakarta, hingga mencakup Denpasar, Bali. Hal ini ditandai dengan dua penerbangan harian dari Denpasar ke Singapura.

Artinya, jalur VTL tidak lagi hanya Jakarta - Singapura, namun ke depannya akan menyusul Bali - Singapura.

Dengan kebijakan uji coba bebas karantina bagi wisman yang memasuki Bali hari ini (7/3/2022), berarti akan terjadi perjalanan dua arah bebas karantina antara Singapura dan Bali.

Baca juga:

Pada tanggal yang sama, yaitu 16 Maret, VTL Malaysia juga akan diperluas selain Kuala Lumpur, yaitu dari Penang. VTL Penang - Singapura akan dimulai dari empat penerbangan harian.

Sementara, VTL untuk India saat ini adalah daerah Chennai, Delhi, dan Mumbai. Ke depannya, VTL India - Singapura akan berlaku di semua kota India.

Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (Civil Aviation Authority of Singapore atau CAAS) menjelaskan alasan di balik perluasan skema VTL ini. 

Menurutnya, kebijakan tersebut akan memfasilitasi kemudahan perjalanan dan meningkatkan konektivitas hubungan udara Singapura dengan pasar-pasar yang potensial.

Baca juga: 3 Maskapai Penerbangan Rute Internasional Tiba Perdana di Bali

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.