Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Paris Fashion Week dan Lokasi Penyelenggaraan yang Bersejarah

Kompas.com - 08/03/2022, 14:31 WIB
Ulfa Arieza ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Paris Fashion Week mendadak ramai menjadi perbincangan di media sosial Indonesia. Hal ini disebabkan sejumlah merek Tanah Air yang terbang ke Paris lantas menggelar fashion show dengan mencantumkan nama ajang Paris Fashion Week.

Menariknya, tak hanya merek fesyen dari Indonesia, tetapi juga merek makanan dan produk kecantikan yang ikut meramaikan fashion show tersebut.

Kemudian, perdebatan muncul setelah seorang pengusaha Lucky Heng angkat bicara mengenai penggunaan nama Paris Fashion Week oleh merek Indonesia tersebut, seperti dilansir dari Tribun Seleb, Senin (7/3/2022).

Lucky menerangkan bahwa ajang Paris Fashion Week hanya ada satu, yakni yang diselenggarkan oleh The Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM). Federasi Mode Perancis tersebut menayangkan jadwal runway merek-merek fesyen global ternama.

Ia menuturkan, jika sebuah merek tidak masuk dalam jadwal dari FHCM, maka bukan bagian dari Paris Fashion Week. Menurutnya, merek-merek tersebut melakukan show di Kota Paris pada jadwal yang bertepatan dengan penyelenggaraan Paris Fashion Week.

Baca juga:

Apa itu Paris Fashion Week?

Model asal Italia, Bianca Balti sedang memeragakan sebuah kreasi dalam pergelaran fashion show Off-White Women's Fall-Winter 2022-2023 ready-to-wear collection di Paris, Perancis, Senin (28/2/2022).AFP/JULIEN DE ROSA Model asal Italia, Bianca Balti sedang memeragakan sebuah kreasi dalam pergelaran fashion show Off-White Women's Fall-Winter 2022-2023 ready-to-wear collection di Paris, Perancis, Senin (28/2/2022).

Paris Fashion Week merupakan pekan mode yang digelar untuk mempresentasikan karya para desainer dari berbagai rumah mode ternama di dunia.

Ajang tersebut digelar dua kali dalam setahun, yaitu peragaan koleksi musim semi dan musim panas (spring-summer) dan koleksi musim gugur dan musim dingin (fall-winter), seperti dilansir dari Kompas.com, Senin.

Berdasarkan informasi dari Fashion United, ada empat pekan mode besar secara global, yang sering disebut sebagai Big 4. Meliputi, Paris Fashion Week, New York Fashion Week, London Fashion Week, dan Milan Fashion Week.

Baca juga: Tutup 5 Tahun, Museum di Paris Ini Akhirnya Buka Lagi

Namun, Paris adalah penyelenggara pertama pekan mode tersebut, yakni pada 1973 silam. Acara yang tidak dilewatkan oleh para pencinta mode tersebut dibagi menjadi tiga kategori.

Paris Fashion Week Fall-Winter 2022-2023 ini menampilkan koleksi siap pakai (ready-to-wear) pakaian pria, perempuan, dan haute couture, seperti dikutip dari situs Paris Fashion Week.

Paris Fashion Week Fall-Winter 2022-2023 berlangsung mulai 28 Februari 2022 hingga 4 Oktober 2022 yang terbagi dalam empat pekan. Pekan pertama menampilkan koleksi siap pakai untuk perempuan, mulai dari 28 Februari hingga 8 Maret 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com