Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Buka Kembali untuk Turis Asing Mulai 1 April

Kompas.com - 09/03/2022, 10:03 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia akhirnya siap untuk menyambut kedatangan wisatawan asing dengan membuka kembali perbatasan internasional mereka, yang telah ditutup selama sekitar dua tahun karena pandemi Covid-19.

Dikutip Kompas.com dari New Straits Times, Selasa (08/03/2022), rencana Malaysia membuka pintu internasional direncanakan akan dilakukan pada 1 April 2022.

Baca juga:

Rencana pembukaan Negeri Jiran dilakukan seiring memasuki fase transisi dari pandemi menjadi endemi.

Pada Senin, Perdana Menteri Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengatakan, keputusan untuk membuka kembali perbatasan dibuat setelah mempertimbangkan berbagai aspek dengan cermat. 

Termasuk salah satunya aspek program vaksinasi nasional dan ekonomi, dengan manajemen risiko yang dilakukan oleh pihak berwenang.

Ia mengatakan bahwa keputusan tersebut dibuat berdasarkan tiga fundamental, yaitu data ilmiah, perbandingan dengan pembukaan kembali perbatasan negara lain, dan untuk memberikan kemudahan bagi para pemudik.

“Malaysia sekarang menjadi destinasi terbuka dan bisa dikunjungi semua orang," ujar Seri Ismail Sabri, seperti dilansir dari New Straits Times, Selasa.

Baca juga:

Ismail Sabri menjelaskan, wisatawan yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19 tidak lagi diwajibkan menjalani karantina.

Mereka hanya perlu menjalani tes RT-PCR dua hari sebelum perjalanan dan melakukan tes antigen RTK (rapid test kit melalui air ludah) dalam waktu 24 jam setelah tiba di Malaysia.

"Menteri kesehatan akan mengumumkan rincian lebih lanjut besok (Rabu), untuk pelancong dengan status vaksinasi lain seperti mereka yang tidak dapat divaksinasi karena alasan kesehatan, atau individu yang tidak divaksinasi," terang Ismail Sabri dalam konferensi pers di DPR, Senin.

Sementara, untuk standar operasional prosedur khususnya di pintu masuk darat dan laut, juga akan segera diumumkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com