Kompas.com - 09/03/2022, 15:08 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 untuk kali pertamanya, Selasa (08/03/2022).

Status tersebut meningkat dari sebelumnya, yakni PPKM Level 3. 

Baca juga:

Terkait hal tersebut, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengeluarkan instruksi Bupati Nomor 443/317 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Gunungkidul.

Salah satu poin dalam aturan tersebut adalah wisatawan usia 6-12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi, minimal dosis pertama, dan didampingi orangtua.

Kebijakan ini berlaku mulai 8-14 Maret 2022.

"Untuk anak di bawah 12 tahun wajib didampingi orangtua, khusus untuk anak usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama," kata Sunaryanta, Selasa (09/03/2022).

Poin lainnya dalam instruksi tersebut adalah fasilitas umum dan area publik dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen.

Adapun fasilitas umum yang dimaksud meliputi area publik, taman umum, dan tempat wisata umum.

Sunaryanta menambahkan, baik wisatawan maupun pegawai juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk skrining.

Hanya mereka yang masuk kategori hijau dalam aplikasi yang boleh masuk ke dalam fasilitas umum atau area publik tersebut.

"Wajib mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Kesehatan," tambahnya.

Baca juga:

Di samping itu, Pemkab juga mengimbau penggunaan aplikasi Visiting Jogja bagi pengelola dan pengunjung yang akan memasuki tempat wisata.

Aplikasi Visiting Jogja dapat digunakan sebagai sistem reservasi, sementara sistem pembayan dianjurkan menggunakan pembayaran non tunai.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.