Kompas.com - 10/03/2022, 12:03 WIB
Jembatan gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resort Situgunung, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Jembatan gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resort Situgunung, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat,

KOMPAS.com - Warga DKI Jakarta pada umumnya memilih Bogor atau Bandung sebagai destinasi wisata luar kota untuk menghabiskan akhir pekan.

Namun, sekali-kali cobalah menyambangi Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kabupaten yang berbatasan dengan Bogor ini memiliki sejumlah wisata alam yang menawan.

Baca juga: Dekat dengan Jakarta, Sambangi 5 Destinasi Eksotis di Sukabumi

Selain itu, jarak dari DKI Jakarta ke Sukabumi hanya sekitar 115 kilometer (km) dengan waktu tempuh lebih kurang tiga jam menggunakan kendaraan pribadi.

Sebetulnya, terdapat moda transportasi kereta api yang menghubungkan Kabupaten Bogor ke Sukabumi, yakni KA Pangrango.

Namun, kereta ini berhenti operasi sementara selama pandemi dan belum ada informasi lebih lanjut.

Jika kamu ingin mencari suasana liburan baru tapi hanya punya sedikit waktu senggang, rencana perjalanan (itinerary) wisata sehari di Sukabumi dari Jakarta ini bisa Kamu coba.

Baca juga:

Itinerary sehari Jakarta-Sukabumi

1. Perjalanan melalui Jalan Tol Jagorawi

Untuk menyingkat waktu perjalanan, kamu bisa melalui Jalan Tol Jagorawi. Lalu, berlanjut di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan keluar di gerbang Tol Cigombong.

Setelah keluar di gerbang Tol Cigombong 1, lanjutkan perjalanan kamu di jalan raya Bogor-Sukabumi. Jarak dari gerbang Tol Cigombong 1 ke Kabupaten Sukabumi sekitar km dengan waktu tempuh dua jam.

2. Makan di Ayam Bakar Pak Atok

Jika kamu berangkat pagi hari dari Jakarta dan belum sarapan, mampirlah ke Ayam Bakar Pak Atok.

Lokasinya berada di Jalan Jl. Siliwangi No.19, Nyangkowek, Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Dari gerbang Tol Cigombong 1 jaraknya sekitar 10 km dengan waktu tempuh 23 menit. Selain itu, rumah makan ini berada di jalur menuju Sukabumi.

Baca juga: Road Trip Keliling Geopark Ciletuh Sukabumi, Bisa ke Mana Saja?

Ayam Bakar Pak Atok menyajikan makanan khas Sunda. Selain ayam bakar, terdapat menu ikan, nasi goreng, cah kangkung, karedok, sayur asem, dan lainnya.

Rumah makan ini dilengkapi fasilitas toilet, mushola, dan area parkir.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.