Kompas.com - 10/03/2022, 18:03 WIB

KOMPAS.com - Libur lebaran 2022 dan tengah semester sudah semakin dekat. Jika ingin mempersiapkan perjalanan dengan mencari tiket murah, kamu bisa mencoba beberapa tips yang disarankan dari para agen perjalanan ini. 

Tak hanya mendekati waktu libur, pelonggaran aturan perjalanan domestik kemungkinan besar meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk bepergian. 

Guna mengantisipasi melonjaknya harga tiket, sebelum melakukan pemesanan, ada beberapa tips dari agen perjalanan yang bisa diperhatikan untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah.

Baca juga:

1. Hindari pergi saat high season

Tips paling penting untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah menurut agen perjalanan, adalah tidak bepergian saat high season.

Adapun high season merupakan periode saat permintaan masyarakat untuk bepergian ke suatu tempat umumnya lebih tinggi, sehingga arus wisatawan menjadi ramai.

High season biasanya terjadi saat musim liburan, seperti lebaran, Natal, akhir tahun, tahun baru, tanggal merah, dan long weekend.

"Jangan pergi kalau udah high season kayak libur sekolah atau akhir tahun. Itu biasanya naik (harganya)," kata Tour Supervisor Avia Tour and Travel, Sony, kepada Kompas.com, Kamis (3/3/2022).

Jadi, jika ingin liburan lebih hemat, kamu bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan cuti yang dekat dengan hari libur atau bepergian saat hari biasa.

Baca juga: Pertama Kali Naik Pesawat? Ini 10 Tahap Naik Pesawat dari Berangkat sampai Tujuan

Ilustrasi wisatawan di bandar udara.UNSPLASH/Ashim D’Silva Ilustrasi wisatawan di bandar udara.

2. Beli tiket dari jauh-jauh hari

Tips selanjunya adalah jangan memesan dalam waktu yang mepet. Harga tiket pesawat umumnya terus meningkat jika sudah dekat waktu keberangkatan.

Waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat biasanya 2-3 bulan sebelumnya. 

Selain itu, Sony juga menyarankan, jika ingin bepergian saat high season atau waktu liburan, kamu bisa membeli tiket pesawat sekitar lima bulan sebelumnya.

Meski mungkin kenyataannya tidak selalu pasti, namun biasanya membeli tiket untuk keberangkatan dalam 1-2 hari ke depan atau last minute, cenderung lebih mahal harganya.

Hal ini karena tiket-tiket tersebut banyak ditujukan untuk pebisnis atau pelancong dengan keperluan mendesak, sehingga mereka tidak akan terlalu memperhatikan harganya.

Baca juga: 4 Cara Tidur Nyenyak di Pesawat Saat Penerbangan Panjang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.