Kompas.com - 11/03/2022, 15:04 WIB

KOMPAS.com - Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan kembali buka untuk pendakian dan non-pendakian mulai Rabu (16/3/2022), setelah menutup jalur pendakian sejak Januari 2022 lalu. 

Informasi tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Dedy Asriady, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/3/2022).

"Benar, buka 16 Maret, pemesanan tiket mulai 12 Maret lewat aplikasi eRinjani," kata Dedy.

Baca juga:

Dalam keterangan resminya, pembukaan dilakukan sebagai bentuk dukungan TNGR terhadap sejumlah event

Di antaranya ajang MotoGP Mandalika tanggal 18-20 Maret 2022, perhelatan Presidensi G20 Indonesia, dan peringatan 25 tahun pengelolaan Taman Nasional Gunung Rinjani dan Hari Bhakti Rimbawan ke-39.

 

"Pihak balai juga telah berkoordinasi dengan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) terkait kondisi cuaca, yang menyebutkan bahwa kawasan TN Gunung Rinjani berada dalam status CH Normal," demikian salah satu isi keterangan tersebut.

Segara Anak Gunung Rinjani yang berselimut awan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Segara Anak Gunung Rinjani yang berselimut awan.

Kuota dan durasi pendakian Gunung Rinjani

Wisata alam TNGR akan menerima pendakian dan non-pendakian. Maksimal kuota pengunjung adalah 50 persen dari kuota normal. Berikut selengkapnya:

  • Jalur Pendakian Senaru, 75 orang.
  • Jalur Pendakian Timbanuh, 50 orang.
  • Jalur Pendakian Aik Berik, 50 orang.
  • Jalur Pendakian Sembalun, 75 orang.
  • Jalur Pendakian Torean, 50 orang.
  • Jalur Pendakian Tete Batu, 50 orang.

Baca juga: Soal Kasus Penelantaran Pendaki Rinjani, Ini Kata Sandiaga Uno

Durasi khusus pendakian khusus pendakian adalah 3 hari 2 malam. Hal tersebut sesuai arahan Direktur Jenderal KSDAE melalui Surat Nomor: S.954/KSDAE/PJLHK/KSA.3/11/2020 pada 10 November 2020 tentang Usulan Peningkatan Kuota dan Penambahan Waktu Kunjungan Wisata Pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.