Kompas.com - 11/03/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Rabu malam (9/3/2022) turut memengaruhi aktivitas sejumlah tempat wisata yang ada di sekitarnya, termasuk Kali Talang.

Berdasarkan informasi yang Kompas.com terima dari Pengelola Kali Talang, Rofiq, pada Kamis (10/3/2022), tempat wisata Kali Talang ditutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Baca juga:

"Saat ini, terhitung dari kemarin, untuk wisata, kami tutup dari semua bentuk kegiatan yang ada di dalam kawasan, karena jarak Merapi yang cukup dekat," ujar Rofiq.

Meski tidak ada kerusakan pasca-erupsi, namun pengelola tetap menutup tempat wisata ini sebab jaraknya yang terbilang dekat dari Puncak Merapi, yakni sekitar lima kilometer, sehingga masuk kawasan rawan bencana.

Puncak Gunung Merapi Dilihat dari Wisata Kali Talang, Klaten.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Puncak Gunung Merapi Dilihat dari Wisata Kali Talang, Klaten.

Lebih rinci, lokasi Kali Talang tepatnya berada di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

"Kita menutup semua akses wisatawan. Kali Talang masuk kawasan zona merah, kalau ditarik garis lurus dari puncak, jaraknya lima kilometer," sambungnya.

Baca juga:

Guna mengantisipasi terjadinya aliran lahar akibat Gunung Merapi yang bisa erupsi mendadak, pengelola Kali Talang juga menyediakan Early Warning System (EWS).

"Ada EWS juga di dalam kawasan, sewaktu-waktu ada aliran lahar, maupun banjir material, sirine, dan pentongan sudah bunyi," jelas Rofiq.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.