Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Wisata di Sekitar Gunung Api, Cek Aktivitasnya Lewat Aplikasi

Kompas.com - 11/03/2022, 17:15 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia memiliki sejumlah gunung api yang masih aktif hingga saat ini karena berada di lingkaran Cincin Api Pasifik. Salah satunya adalah Gunung Merapi, Yogyakarta yang kini tengah mengalami erupsi.

Meskipun masih aktif, sejumlah gunung api di Indonesia masih ramai didatangi pendaki dan wisatawan lantaran memiliki pemandangan yang indah. Wisatawan juga masih ramai mengunjungi wisata di sekitarnya yang berada di lereng maupun kaki gunung api.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memiliki sejumlah tips yang sebaiknya diperhatikan para pendaki maupun wisatawan yang hendak berkunjung ke lokasi sekitar gunung api aktif.

Baca juga: Gunung Merapi Erupsi, 5 Tempat Wisata Ini Diprediksi Aman

Baca juga: Rute ke Grojogan Kapuhan Magelang yang Indah di Lereng Gunung Merapi

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan para pendaki dan wisatawan demi keselamatan mereka. PVMBG merupakan salah satu unit di lingkungan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

1. Cek aktivitas gunung api

Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api PVMBG Kristianto mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan pendaki dan wisatawan adalah mengecek aktivitas gunung api.

Informasi ini bisa didapatkan melalui dua cara, yakni berkunjung langsung ke pos pengamatan gunung api terkait atau melalui aplikasi multiplatform, Magma Indonesia.

Magma Indonesia bisa diunduh melalui smartphone, atau mengunjungi langsung situs https://magma.esdm.go.id.

Tampilan situs magma Indonesia milik PVMBG Kementerian ESDMmagma.vsi.esdm.go.id Tampilan situs magma Indonesia milik PVMBG Kementerian ESDM

“Kalau untuk wisatawan, yang pertama adalah coba mencari informasi umum tingkat aktivitas gunung api dengan berkunjung langsung ke pos pengamatan gunung api atau melalui aplikasi Magma Indonesia,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (11/3/2022).

Kristianto menuturkan aplikasi Magma Indonesia memuat sejumlah informasi penting. Meliputi, tingkat aktivitas, laporan aktivitas, informasi letusan, Kawasan Rawan Bencana (KRB) letusan gunung api, live seismogram, dan lainnya.

Baca juga: 6 Pesona Papandayan, Gunung Api Ramah Pendaki di Barat Daya Garut

“Di situ akan didapatkan rekomendasi teknis tentang mitigasi di setiap gunung api aktif karena setiap gunung api berbeda-beda, misalnya Gunung Semeru radius aman berapa, Gunung Krakatau radius aman berapa, akan berbeda,” imbuhnya.

2. Kenali bahaya primer gunung api aktif

Seperti disebutkan sebelumnya, setiap gunung api aktif memiliki karakter masing-masing. Termasuk, kata Kristianto, ancaman bahaya dari erupsi gunung api aktif.

Menurutnya, para pendaki maupun wisatawan wajib mengetahui dan mengenali bahaya atau ancaman primer dari erupsi gunung api aktif.

Gunung Semeru kembali luncurkan awan panas guguran pada Minggu (19/12/2021) pagi Gunung Semeru kembali luncurkan awan panas guguran pada Minggu (19/12/2021) pagi

“Ancaman primer ada produknya berupa awan panas, aliran lava, atau hujan abu lebat. Ada pula ancaman sekunder bisa berupa aliran lahar,” ujarnya.

Informasi mengenai bahaya primer dan sekunder gunung api aktif tersebut dapat diakses melalui kunjungan langsung ke pos pengamatan atau melalui Magma Indonesia.

Baca juga: 3 Wisata Gunung Api Purba Gunungkidul Selain Nglanggeran dan Wediombo

Pendaki maupun wisatawan hendaknya mengetahui informasi tersebut sebagai langkah mitigasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com