Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Terbaik Melihat Sunrise, Ada Candi Borobudur dan Gunung Batur

Kompas.com - 11/03/2022, 19:34 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Mornings

KOMPAS.com - Candi Borobudur di Jawa Tengah dan Gunung Batur di Bali masuk dalam daftar 10 tempat terbaik di dunia untuk melihat sunrise (matahari terbit). 

Daftar tersebut diluncurkan oleh mornings.co.uksitus web asal Inggris yang berisi informasi seputar tidur, pada Kamis (24/2/2022). Tim dari situs web tersebut menyusunnya berdasarkan data dari TripAdvisor, khususnya dari ulasan dari pengguna, pada November 2021. 

Baca juga:

Dalam daftar itu, Candi Borobudur di Kabupaten Magelang berada di peringkat keempat. Candi Buddha terbesar di dunia ini disebut (mentions) di 1.600 ulasan. 

Candi Borobudur telah lama dikenal sebagai salah satu lokasi terbaik untuk berburu sunrise. Dilansir dari Kompas.com, Jumat (1/1/2021), wisatawan bisa menginap di hotel dekat candi atau ikut tur melihat sunrise.

Ilustrasi sunrise atau matahari terbit dari Gunung Batur, Bali.UNSPLASH/Esse Chua Ilustrasi sunrise atau matahari terbit dari Gunung Batur, Bali.

Selanjutnya, di peringkat kedelapan ada Gunung Batur. Berlokasi di Kabupaten Bangli, gunung ini menawarkan panorama munculnya matahari di atas awan sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan, walau mereka harus melakukan pendakian terlebih dahulu. 

Baca juga:

Gunung yang berada di ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini disebut di 1.042 ulasan. Dari puncaknya, wisatawan bisa menikmati pemandangan Danau Batur dan Gunung Agung di sisi timurnya. 

Ilustrasi sunrise atau matahari terbit di Angkor Wat, Kamboja.UNSPLASH/Florian Hahn Ilustrasi sunrise atau matahari terbit di Angkor Wat, Kamboja.

Sementara itu, di peringkat pertama, ada Angkor Wat di Kamboja yang disebut di 10.404 ulasan. Candi yang berjarak 6 kilometer dari Bandara Internasional Siem Reap ini merupakan bagian dari Warisan Dunia UNESCO. 

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (24/2/2019), wisatawan bisa mengabadikan pemandangan kompleks Angkor Wat berlatar langit jingga dengan pantulan bangunannya di permukaan air.

Baca juga:

Berikut daftar 10 tempat terbaik di dunia untuk melihat sunrise beserta jumlah mentions menurut mornings.co.uk:

  1. Angkor Wat di Kamboja (10.404).
  2. Kawah Haleakala di Hawai, Amerika Serikat (AS) (3.933).
  3. Taj Mahal, India (2.819).
  4. Candi Borobudur, Indonesia (1.600).
  5. Grand Canyon, AS (1.212).
  6. Uluru, Australia (1.085).
  7. Tiger Hill, India (1.048).
  8. Gunung Batur, Indonesia (1.042).
  9. Sarangkot, Nepal (981).
  10. Gunung Cadillac, AS (955).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mornings
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com