Kompas.com - 12/03/2022, 12:03 WIB

KOMPAS.com - Tempat wisata Ketep Pass dan Puncak Argapura di Magelang, Jawa Tengah, dipastikan tetap buka untuk wisatawan, setelah Gunung Merapi mengeluarkan awan panas guguran pada Kamis (10/3/2022) pukul 19.25 WIB. 

Kepala Bagian (Kabag) Pemasaran dan Promosi Ketep Pass, Edwar Alfian, menuturkan, kawasan wisata tersebut berada di radius aman yakni delapan kilometer (km).

Adapun menurut Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), radius bahaya adalah lima kilometer.

“Terkait dengan erupsi Gunung Merapi, kami masih buka karena jarak dari puncak (Gunung Merapi) ke Ketep Pass delapan kilometer, rekomendasi dari BPPTKG selaku yang menangani persoalan Gunung Merapi ini adalah radius (bahaya) lima kilometer,” ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (12/3/2022).

Baca juga:

Tol Kahyangan di Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Tol Kahyangan di Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Sementara itu, tempat wisata di sekitar Ketep Pass juga masih beroperasi, di antaranya Tol Kahyangan, kebun strawberry, dan jeep explore Ketep Pass. Ketiganya berada dalam radius aman sesuai keterangan BPPTKG.



“Semuanya di wilayah yang aman lebih dari radius lima kilometer. Artinya, semua kawasan yang ada di Ketep Pass serta wisata penyangga Ketep Pass buka semuanya,” ujarnya. 

Edwar mengungkapkan, sempat terjadi hujan abu tipis di wilayah Ketep Pass, ketika erupsi Gunung Merapi pada Kamis malam.

Namun, hujan abu tersebut hanya berlangsung sebentar karena turun hujan lebat di kawasan Ketep Pass yang menghanyutkan material abu vulkanis.

“Alhamdulillah, terjadi hujan kemudian abu terbawa hujan sehingga kembali bersih. Jadi, sudah tidak terlihat abu lagi di kawasan Ketep Pass,” tuturnya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Ini Tunjukkan Dahsyatnya Erupsi Merapi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.