Kompas.com - 12/03/2022, 18:06 WIB

SALATIGA, KOMPAS.com - Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang selama ini dikenal sebagai surga untuk para goweser.

Penikmat olahraga bersepeda dapat menikmati rute yang bervariatif, penuh tantangan, pemandangan yang menarik, dan sajian aneka kuliner yang beragam.

Potensi tersebut membuat goweser dari Klaten yang tergabung dalam Birowo (Barisan Rogo Tuo) merasa tertantang mencoba rute lintas kota di kota di kaki Gunung Merbabu tersebut.

Baca juga: 5 Wisata Air di Salatiga, Banyak Tempat Berenang Alami dan Jernih

Sebanyak 15 goweser yang rata-rata sudah berusia lanjut tersebut menyusuri jalanan di wilayah Ungaran, Salatiga, dan Ambarawa yang terkenal dengan sebutan daerah USA pada Sabtu (12/3/2022).

Menurut Ketua Birowo, Suyatno, tujuan utama para goweser tersebut selain berolahraga menyehatkan badan, juga untuk berwisata.

Goweser dari komunitas Birowo Klaten menikmati rute wisata di sepanjang Salatiga - Kabupaten SemarangKOMPAS.com/Dian Ade Permana Goweser dari komunitas Birowo Klaten menikmati rute wisata di sepanjang Salatiga - Kabupaten Semarang

"Karenanya, di setiap lokasi yang menarik kami sering berhenti untuk foto-foto mengabadikan momen bersama di daerah tersebut," kata Suyatno kepada Kompas.com, Sabtu.

Beberapa lokasi yang dilewati dan dianggap menarik di antaranya Alun-alun Pancasila Kota Salatiga, Bukit Cinta Rawa Pening, Alun-alun Ambarawa, dan Cafe Banaran.

Baca juga: 7 Wisata Salatiga, Ada Tempat Liburan dengan Pemandangan Alam

Suyatno mengatakan, Birowo biasa melakukan gowes bersama setiap Hari Selasa, Rabu, dan Sabtu.

"Tapi kali ini kami ada ajakan dari sesepuh Birowo yang bernama pak Digdo untuk mencoba rute di Kabupaten Semarang dan Salatiga sekaligus berwisata. Rutenya bagus dan cukup menantang," ungkapnya.

Sementara anggota Birowo Supriyadi menyampaikan, masih banyak jalur sepeda di Salatiga dan Kabupaten Semarang yang bisa dieksplor.

"Rutenya cukup enak dan variatif. Tidak terlalu ngoyo buat orang-orang tua," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.