Kompas.com - 15/03/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Garuda Indonesia kembali melayani penerbangan umrah dari Jawa Timur, seiring dengan dibukanya Bandara Internasional Juanda untuk perjalanan luar negeri, termasuk umrah. 

Pada penerbangan perdana umrah dari Surabaya ini, Selasa (15/3/2022), maskapai tersebut mengangkut sedikitnya 220 calon jemaah melalui penerbangan langsung tanpa transit rute Surabaya - Madinah.

Rencananya, rute umrah tersebut akan dilayani sebanyak satu kali penerbangan setiap dua minggu.

Baca juga:

Jenis pesawat yang digunakan adalah Airbus A330-300, berkapasitas 24 penumpang kelas bisnis dan 263 penumpang kelas ekonomi.

Saat ini Garuda Indonesia telah mengoperasikan sembilan penerbangan ke Tanah Suci, yang dilayani melalui dua kota besar, yaitu Jakarta dan Surabaya.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, berharap, penerbangan umrah dari Surabaya ini dapat memberi pilihan yang lebih beragam bagi calon jemaah untuk berangkat melaksanakan ibadah tanpa transit terlebih dahulu di Jakarta.

Pemberangkatan jamaah umrah perdana dari Bandara Juanda Surabaya, Senin (14/3/2022)Dok. Angkasa Pura I Pemberangkatan jamaah umrah perdana dari Bandara Juanda Surabaya, Senin (14/3/2022)

"Kami akan terus memaksimalkan pengembangan jaringan penerbangan langsung untuk layanan umrah dari berbagai wilayah keberangkatan, sehingga aksesibilitas penerbangan umrah akan semakin seamless melalui penerbangan tanpa transit menuju Tanah suci," kata Irfan dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Selasa.

Ia menambahkan, sejalan dengan pelonggaran kebijakan perjalanan internasional dari dan ke berbagai negara, khususnya Timur Tengah, layanan penerbangan umrah dari Surabaya ini juga diharapkan dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi Jawa Timur, khususnya bagi pelaku sektor penyedia jasa perjalanan umrah.

Baca juga:

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, turut menyambut baik penerbangan umrah Garuda Indonesia dari Surabaya tersebut.

"Kami sangat berharap ada penambahan jumlah jadwal penerbangan umrah dari maskapai yang tersedia termasuk Garuda Indonesia. Baik ke Jeddah maupun Madinah. Karena peluang ibadah ini sangat diminati masyarakat apalagi menjelang Ramadhan," kata Khofifah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.