Kompas.com - 16/03/2022, 09:54 WIB

KOMPAS.com – Jika sedang melancong ke Boyolali, Jawa Tengah, singgah di Lembah Gunung Madu bisa menjadi pilihan.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Raya Simo-Klego KM.5, Gunung Madu, Simo, Tanjung, Klego, Area Sawah, Kedunglengkong, Boyolali. 

Baca juga:

Sebelum menjadi tempat wisata alam yang cukup populer di Boyolali, Lembah Gunung Madu sebenarnya dulu hanyalah kebun durian.

“Pada awalnya sang pemilik hanya menjual durian dari hasil kebun, kemudian mulai membangun restoran dan sejumlah area bermain dan spot selfie,” kata admin Lembah Madu, Dwi Margarita kepada Kompas.com, Selasa (15/03/2022). 

Uniknya durian di tempat ini dipanen dengan cara alami, yakni menunggu sampai jatuh sendiri. Jadi, setiap harinya hanya beberapa buah saja yang dapat dijual. 

Pencinta duren wajib mampir ke tempat ini untuk merasakan sensasi menikmati durian matang secara langsung setelah jatuh dari pohonnya.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam berupa perbukitan yang indah.

Ada pula beberapa permainan yang dapat dijajal, seperti flying fox dan sepeda gunung.

Tersedia pula area bermian anak-anak seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi.

Lembah Gunung Madu BoyolaliKompas.com / Desi Intan Sari Lembah Gunung Madu Boyolali

Meski tempat ini sudah berdiri sejak enam tahun lalu, banyak orang yang menyangka bahwa Lembah Gunung Madu merupakan tempat wisata yang masih baru. 

Hal itu dikarenakan area berfotonya belum seluas dan sebanyak sekarang. Hingga saat ini, Lembah Gunung Madu masih terus membangun area berfoto baru.

Adapun beberapa spot foto menarik di sini seperti area berbentuk kubah warna putih, rumah joglo, hingga tempat duduk yang dihiasi tanaman merambat. 

Baca juga:

Lantaran pemilik tempat wisata ini menyukai unggas, ada banyak unggas yang sengaja ditempatkan di Lembah Gunung Madu, di antaranya burung kakak tua, gagak, merak, nuri, hingga ayam mutiara.

“Ayam Mutiara di tempat ini itu ada sembilan ekor dan sengaja dilepaskan dan dibebaskan di kawasan wisata,” ucap Dwi. 

Tak hanya berbagai jenis unggas, pengunjung juga bisa melihat kucing Bengal di sini. Sebelumnya, Lembah Gunung Madu juga memiliki monyet. Sayangnya, beberapa waktu lalu monyet tersebut kabur dari kandangnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.