Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Wisata Hits di Ciwidey Bandung, Incaran Wisatawan

Kompas.com - Diperbarui 21/08/2022, 17:34 WIB
Ulfa Arieza ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung memiliki sejumlah tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Udaranya yang sejuk membuat Ciwidey menjadi destinasi liburan favorit banyak orang.

Jika kamu sedang merencanakan liburan, mengunjungi tempat wisata hits Ciwidey bisa jadi pilihan. Berikut rekomedasi wisata di Ciwidey yang bisa kamu sambangi.

Baca juga: 30 Wisata Bandung untuk Libur Panjang, Banyak Tempat Asri Bernuansa Alam

Tempat wisata di Ciwidey

1. Kawah Putih

Kawah putih seolah menjadi ikon wisata Ciwidey, sehingga kurang lengkap jika tak menyambangi obyek wisata satu ini.

Mengutip Kompas.com (27/09/2021), kawah putih merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Daya tarik Kawah Putih adalah danau dengan air berwarna putih kehijauan.

Baca juga: 3 Spot Foto Favorit di Kawah Putih Ciwidey, Bisa Lihat Sunrise

Danau ini dikelilingi hutan eksotis yang menambah keindahan tempat tersebut. Ada sejumlah spot foto Instagramable yang bisa dijajal wisatawan untuk mengabadikan momen.

Antara lain, dermaga kayu yang menjorok ke danau dan jembatan bambu bernama Skywalk Cantigi.

Selain itu, wisatawan bisa berfoto dari salah satu bukit yang ada di sekitar Kawah Putih yakni Sunan Ibu. Dari puncak bukit ini, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Kawah Putih serta panorama sunrise.

2. Situ Patenggang

Situ Patenggang. Salah satu wisata di Ciwidey yang dapat dikunjungi.WIKIMEDIA COMMONS/ANASTASIASTEPHANIEK Situ Patenggang. Salah satu wisata di Ciwidey yang dapat dikunjungi.

Wisata Ciwidey hits lainnya adalah Situ Patenggang yang berada di kaki Gunung Patuha. Tepatnya di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Mengutip Kompas.com (01/05/2015), Situ Patenggang merupakan danau seluas 48 hektar yang berada di ketinggian sekitar 1.628 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Bandung Selatan, Bisa Kemah di Alam Terbuka

Karena berada di ketinggian, suhu di sekitar danau mencapai di bawah 20 derajat celsius. Selain itu, Situ Patenggang dikelilingi dengan panorama perkebunan teh Rancabali seluas 1.500 hektar.

Danau ini menawarkan pemandangan asri sekaligus udara segar bagi para pengunjung.

3. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis. Salah satu wisata di Ciwidey yang dapat dikunjungi.Shutterstock/LightBless Kawah Rengganis. Salah satu wisata di Ciwidey yang dapat dikunjungi.

Selain Kawah Putih, ternyata Ciwidey memiliki obyek wisata kawah lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu Kawah Rengganis.

Kawah ini berada di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, sehingga juga disebut Kawah Cibuni.

Baca juga: 7 Hotel di Ciwidey dengan Kolam Renang Dikelilingi Panorama Indah

Kawasan ini merupakan hasil dari letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi sejak jutaan tahun lalu. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati panorama kolam air panas alami.

Pengunjung juga dapat mengunjungi kebun teh, yang letaknya mengelilingi Kawah Rengganis.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com