Kompas.com - 18/03/2022, 11:04 WIB

KOMPAS.com – Ada satu bukit dekat Kota Wonogiri yang menyuguhkan keindahan panorama alam.

Bukit ini memiliki pemandangan terbuka ke arah timur. Matahari terbit pun dapat disaksikan dari sana dengan jelas saat cuaca cerah.

Mendaki Bukit Glodakan pun cukup mudah. Hanya butuh sekitar 10 sampai 20 menit untuk sampai puncaknya.

Baca juga: Bukit Glodakan Wonogiri, Spot Sunrise Menawan Berlatar Gunung Lawu

Namun, untuk saat ini jalan setapak ke puncak Bukit Glodakan cukup tertutup semak, sehingga kurang jelas. Ke depannya jalan setapak akan dibersihkan lagi.

Rute ke Bukit Glodakan Wonogiri

Bagi yang ingin berkunjung ke Bukit Glodakan Wonogiri, berikut adalah rutenya dari pusat kota:

Adapun Bukit Glodakan tepatnya berlokasi di Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Jarak tempuh dari pusat Kabupaten Wonogiri menuju Bukit Glodakan adalah sekitar 6,8 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 15 menit saja.

Dari Alun-alun Wonogiri, ambil jalan utama menuju Sukoharjo atau Kota Solo ke arah utara. Sebelum perempatan lampu merah RSUD Wonogiri, ada pertigaan. Belok kanan dan lurus terus sampai Alas Kethu.

Baca juga: Waduk Pidekso Wonogiri Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Rute ke Sana

Sebelum Jembatan Timang yang melintang di atas Sungai Bengawan Solo, belok kiri di pertigaan. Selanjutnya, ikuti jalan aspal yang sudah halus.

Pagi hari di Wisata Bukit Glodakan Wonogiri.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pagi hari di Wisata Bukit Glodakan Wonogiri.

Setelah memasuki gapura bertuliskan “Lingk.Pucangwolu” belok kanan di pertigaan jalan aspal. Ada toko sembako bernama “Toko Pak Pri Gundol” di pertigaan ini.

Baca juga: Tips Kunjungi Kitagawa Pesona Bali Wonogiri, Wajib Coba Menu Andalan

Belok kanan sampai kawasan perbukitan, maka Bukit Glodakan nanti akan ada di kiri jalan. Kendaraan bisa parkir di samping jalan aspal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.