Kompas.com - 19/03/2022, 07:04 WIB

KOMPAS.com - Gedung Putih atau The White House di Washington, D.C., Amerika Serikat (AS), akan membuka kembali kegiatan tur untuk masyarakat umum secara gratis, mulai Jumat (15/4/2022). 

Dilansir dari laman resminya, Jumat (18/3/2022), tur ini akan tersedia setiap hari Jumat hingga Sabtu, kecuali hari libur, dari pukul 08.00 hingga 12.30 waktu setempat. 

Kendati demikian, harap diingat bahwa jadwal tur bisa berubah sewaktu-waktu, terutama jika cuaca buruk atau ada kegiatan kenegaraan.  

Sebagai informasi, Gedung Putih adalah istana negara milik AS, sekaligus tempat Presiden AS bekerja.

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/3/2021), gedung ini didirikan pada tahun 1972 atas gagasan Presiden AS pertama, George Washington. 

Baca juga: 9 Aturan Aneh di Negara Bagian Amerika Serikat, Ilmu Gaib Dilarang

Cara pendaftaran tur Gedung Putih

Calon peserta tur wajib mengajukan permohonan terlebih dahulu dengan sistem first come, first served alias siapa cepat dia dapat. 

Permohonan dapat diajukan ke anggota Kongres AS dan Koordinator Tur Kongres (Congressional Tour Coordinator) mereka. 

Untuk warga negara asing (WNA), mereka dapat menghubungi kedutaan besar negara asal mereka, dikutip dari The Points Guy.

Adapun permohonan wajib diajukan minimal 21 hari sebelum hari kunjungan dan tidak lebih dari 90 hari sebelum tanggal tur yang diinginkan.

Masker akan tersedia di kompleks Gedung Putih, khususnya bagi peserta tur yang ingin memakainya.

Baca juga: Lucu, Ada Robot Pengantar Makanan di Bandara Amerika Serikat

Aktivitas selama tur Gedung Putih

Presiden Amerika Serikat (AS)Joe Biden mendengarkan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, ketika mereka mengumumkan pakta kerja sama di East Room Gedung Putih, Washington DC, 15 September 2021.AP PHOTO/Andrew Harnik Presiden Amerika Serikat (AS)Joe Biden mendengarkan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, ketika mereka mengumumkan pakta kerja sama di East Room Gedung Putih, Washington DC, 15 September 2021.

Dilansir dari The Points Guy, tur Gedung Putih akan berdurasi sekitar satu jam.

Para peserta akan diajak mengunjungi sejumlah area yang terkenal, termasuk bioskop pribadi; East Room, yang kerap terlihat saat ada konferensi pers atau acara-acara khusus lainnya; State Dining Room, atau ruang perjamuan dan ruang seremoni untuk acara-acara kenegaraan; dan Blue Room, yang terkenal akan dekorasinya saat musim liburan. 

Wisatawan juga dianjurkan mengunjungi White House Visitor Center, atau Pusat Pengunjung Gedung Putih, yang buka setiap hari Rabu - Kamis, pukul 11.00 - 16.00 waktu setempat. 

Area ini menyimpan sekitar 100 artefak bersejarah, serta menawarkan tur Gedung Putih melalui fasilitas layar sentuh interaktif. 

Baca juga: Mengintip Dekorasi Natal di Gedung Putih, Cantiknya!

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.