Kompas.com - 19/03/2022, 09:29 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan dua unit Kapal Wisata Bottom Glass buatan dalam negeri di Labuan Bajo.

Penyerahan dua unit kapal itu ditujukan untuk mendukung pengembangan wisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (18/3/2022).

Dua unit kapal yang diberi nama Baswara Bahari yang memiliki arti bersinar di laut ini, bertipe Katamaran. Kapal dilengkapi kaca di bagian bawah dan dapat menampung menampung 44 orang dan 7 anak buah kapal (ABK). Panjang kapal 23,1 meter/GT.

“Bapak Presiden ingin Labuan Bajo menjadi destinasi wisata internasional yang sama baiknya dengan Bali. Kemenhub akan konsisten memberikan dukungan untuk mewujudkannya,” jelas Menhub dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Wapres Dorong Pengembangan Labuan Bajo Jadi Destinasi Wisata Internasional

Ia melanjutkan, keberadaan kapal itu akan menjadi suatu daya tarik tersendiri yang akan memikat para wisatawan, baik domestik maupun internasional.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada pemerintah daerah setempat agar kapal itu dikelola dengan baik.

"Kita sudah sepakat untuk mencari pihak yang profesional untuk mengelolanya,” katanya.

Labuan Bajo sidah ditetapkan menjadi wisata super premium di Indonesia. Kini Pariwisatanya sudah menggeliat selama pandemi Covid19 dua tahun ini, Selasa, (15/3/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Labuan Bajo sidah ditetapkan menjadi wisata super premium di Indonesia. Kini Pariwisatanya sudah menggeliat selama pandemi Covid19 dua tahun ini, Selasa, (15/3/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Sementara itu, Gubernur NTT Victor Laiskodat, menyampaikan terima kasih kepada Presiden dan Menhub yang telah memberi perhatian yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di Labuan Bajo, tetapi juga Provinsi NTT.

“Kami berharap bantuan-bantuan yang telah diberikan dapat secara perlahan meninggalkan stigma provinsi NTT sebagai provinsi yang miskin, menjadi provinsi yang mampu bersaing dan menyejahterakan masyarakatnya,” ungkap dia.

Baca juga: Waterfront City Labuan Bajo Jadi Magnet Baru Pariwisata NTT

Ia berharap, dua kapal wisata itu akan bisa melayani dan memberikan kesan berarti bagi para wisatawan di Labuan Bajo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.