Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Longgarkan Syarat Masuk Bagi Turis Asing Mulai 1 April 2022

Kompas.com - 19/03/2022, 13:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber Xinhuanet

KOMPAS.com - Pemerintah Filipina berencana membuka pintu masuk untuk warga negara asing (WNA) dengan berbagai pelonggaran syarat perjalanan, mulai Jumat (1/4/2022).

Dilansir dari Xinhua, Minggu (19/3/2022), Biro Imigrasi Filipina melonggarkan aturan masuk untuk semua WNA yang telah divaksinasi Covid-19 penuh atau dua dosis.

"Warga negara asing harus divaksinasi lengkap, kecuali untuk anak di bawah 12 tahun yang bepergian dengan orangtua yang divaksinasi lengkap," jelas Komisaris Imigrasi Filipina Jaime Morente, Rabu (16/3/2022).

Pelonggaran aturan di seluruh pintu masuk ke Filipina

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Filipina, mulai 1 April 2022 juga tidak akan ada lagi batasan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang tiba di negara tersebut.

Departemen Pariwisata Filipina (DOT) pada Jumat (11/3/2022) menyampaikan pengumuman terkait kebijakan ini.

Pengumuman tersebut menyusul keputusan dari Inter-Agency Task Force for the Management of Emerging Infectious Diseases (IATF-EID), untuk menghapus kuota kedatangan penumpang yang belum divaksinasi di semua pintu masuk.

IATF yang berada di bawah Resolution 164-A, diketahui akan memberikan keringanan pengujian Covid-19 untuk para pelancong.

Baca juga:

Mereka hanya akan diminta menunjukkan hasil tes antigen negatif yang diambil dalam waktu 24 jam dari keberangkatan, alih-alih persyaratan hasil negatif tes PCR yang diambil 48 jam sebelum keberangkatan dari negara asal.

Namun, dalam kebijakan yang segera berlaku efektif dan ditandatangani oleh Komisaris Imigrasi Filipina ini, WNA dari negara dan wilayah yang memerlukan visa masih wajib membuat dokumen pembebasan masuk (entry exemption document) sebelum mengunjungi Filipina.

Pemandangan udara Pulau Miniloc, El Nido, Palawan, Filipina dengan perahu selam di atas terumbu karang yang dikelilingi oleh tebing gunung berbatu kapur karst. Wisata bahari di Filipina menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan asing.SHU/IGOR TICHONOW Pemandangan udara Pulau Miniloc, El Nido, Palawan, Filipina dengan perahu selam di atas terumbu karang yang dikelilingi oleh tebing gunung berbatu kapur karst. Wisata bahari di Filipina menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan asing.

Pada hari Senin, Menteri Pariwisata Filipina Bernadette Romulo-Puyat mengatakan bahwa kedutaan dan konsulat Filipina juga akan memulai kembali penerbitan visa pada 1 April.

"Perkembangan terakhir ini membuka Filipina untuk semua wisatawan yang divaksinasi penuh dari semua negara, dan berarti industri pariwisata negara ini sedang dalam proses pemulihan," kata Puyat.

Ia berharap kebijakan ini akan menghasilkan peningkatan wisatawan asing yang mengunjungi Filipina selama musim panas nanti.

Halaman:
Sumber Xinhuanet
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com