Kompas.com - 19/03/2022, 14:02 WIB

KOMPAS.com – Masyarakat Indonesia kebanyakan sering berpergian naik kendaraan roda dua ke sejumlah daerah untuk traveling

Berbeda dengan naik mobil atau transportasi umum yan lebih aman dan nyaman, naik motor dengan menempuh perjalanan jauh butuh persiapan lebih. 

Baca juga: Awas Kesasar Pakai Google Maps, Jangan Sampai Buta Daerah Tujuan

Berikut ini Kompas.com akan memberikan tips berpergian jarak jauh dengan naik motor bagi para wisatawan yang hendak liburan. 

1. Periksa kondisi sepeda motor 

Sebelum berpergian naik motor apalagi untuk jarak jauh, wajib sekali mengecek kondisi motor. 

Pastikan rem kendaraan berfungsi dengan baik, dan cek dudukan motor apakah sudah nyaman jika akan digunakan dalam waktu lama, dikutip dari Kompas.com. 

Membersihkan mesin motor dengan engine degreaserIstimewa Membersihkan mesin motor dengan engine degreaser

Kemudian cek juga kondisi lampu, rantai, oli dan mesin kendaraan apakah sudah bagus, jika memang butuh servis segara lakukan agar tak terjadi hal buruk di perjalanan. 

Bisa juga menambahkan aksesori kendaraan demi kenyamanan, seperti setang, sandaran, penangguhan, dan kantung pelana untuk bagasi tambahan. 

Baca juga: Awas Tanjakan Ekstrem, Jangan Asal Ikut Google Maps ke 4 Wisata di Yogyakarta ini

Jika berencana naik motor di malam hari, tambahkan lampu LED agar penglihatan lebih jelas dan juga keamanan berkendara lebih baik. 

2. Jaga badan agar tetap fit

Berbeda dengan naik mobil yang dapat melindungi dari hujan maupun panas terik, saat naik motor pengendaraan harus mempersiapkan hal lebih. 

Untuk penderita diabetes yang ingin menurunkan gula darah tinggi, lakukan olahraga yang tak terlalu memforsir tubuh.Unsplash/Tomasz Wozniak Untuk penderita diabetes yang ingin menurunkan gula darah tinggi, lakukan olahraga yang tak terlalu memforsir tubuh.

Sebaiknya sebelum berpergian jarak jauh, jaga selalu kesehatan agar badan tetap fit meski cuaca tak bersahabat. Salah satu caranya adalah berolahraga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.