Kompas.com - 19/03/2022, 20:03 WIB

KOMPAS.com - Jumlah penumpang di Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengalami lonjakan hingga 11.400 orang per hari, bersamaan dengan digelarnya ajang MotoGP Mandalika 2022 pada 18 - 20 Maret.

Untuk diketahui, ajang balap motor internasional, yang juga dikenal sebagai Pertamina Grand Prix of Indonesia, ini berlokasi di Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Penumpang di Bandara Lombok saat ini mulai meningkat," kata Humas PT Angkasa Pura I (AP I), Bandara Internasional Lombok, Arif Haryanto, dikutip dari Antara, Sabtu (19/3/2022).

Baca juga:

Adapun penonton MotoGP Mandalika mulai tiba sejak dua hari yang lalu.

Arif menjelaskan, pada Kamis (17/3/2022), jumlah penumpang di bandara tersebut tercatat hingga 8.200 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 6.000 penumpang yang tiba dan 2.200 penumpang yang berangkat.

"Sedangkan tanggal 18 Maret, penumpang berjumlah 11.400 orang, dengan rincian 8.900 penumpang tiba dan 2.500 penumpang berangkat," tambahnya. 

Penampakan Bukit 360 dari Bukit SegerKOMPAS.COM/IDHAM KHALID Penampakan Bukit 360 dari Bukit Seger

Sebagai informasi, Bandara Lombok beroperasi selama 24 jam guna mendukung perhelatan MotoGP Mandalika 2022.

General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Lombok, Nugroho Jati, menerangkan bahwa pihaknya telah menyiapkan infrastruktur, di antaranya landasan terminal area parkir maupun area keluar-masuk, serta pengelolaan manajemen parkir. 

"Rata-rata setiap hari ada peningkatan 100 penerbangan yang datang maupun berangkat. Naik 120 persen selama ajang MotoGP ini," kata Nugroho. 

Baca juga:

Menurutnya, sebelum pandemi, jumlah rata-rata penumpang di Bandara Lombok mencapai 8.000 orang per hari. Namun, pada saat pandemi Covid-19 melanda, jumlah rata-rata mengalami penurunan menjadi 3.500 orang per hari.

Ia juga menambahkan bahwa penerbangan terbanyak berasal dari Jakarta, Denpasar, dan Surabaya, serta sejumlah penerbangan lainnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.