Kompas.com - 19/03/2022, 22:05 WIB
Berwisata ke Desa Sukarara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. KOMPAS.com/ELSA CATRIANABerwisata ke Desa Sukarara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

LOMBOK, KOMPAS.com - Selain keindahan alam, Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) juga memiliki tempat wisata budaya yang tidak kalah menarik.

Ada dua tempat wisata budaya yang bisa menjadi pilihan kamu ketika berkunjung ke Lombok, khususnya bagi kamu yang sudah memiliki tiket MotoGP Mandalika 2022 atau Pertamina Grand Prix of Indonesia, yaitu Desa Sukarara dan Desa Sade.

Baca juga:

Berkunjung ke dua desa tersebut akan memperkaya pengetahuanmu tentang suku sasak. Mulai dari rumah adat, pakaian adat, kerajinan, hingga berbagai cerita menarik lainnya akan kamu dapatkan ketika berwisata ke dua tempat ini.

Berikut adalah itinerary atau rencana perjalanan yang bisa kamu nikmati hanya dalam sehari yang telah dirangkum Kompas.com, Sabtu (19/3/2022):

1. Belajar menenun di Desa Sukarara

Kain tenun Lombok di Desa Sukarara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.KOMPAS.com/ELSA CATRIANA Kain tenun Lombok di Desa Sukarara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Desa Sukarara terletak di Kabupaten Lombok Tengah. Jika dari Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid, maka jaraknya 11,4 kilometer (km) dengan lama berkendara hampir 20 menit. 

Wisatawan juga bisa berangkat dari Mataram, dengan rute Mataram-Cakranegara-Kediri-Sukarara. Waktu tempuhnya kira-kira 45 menit. 

Jika memilih jasa angkutan umum, salah satunya delman, wisatawan bisa menempuh rute Mataram-Bertais-Praya, lalu turun di Renteng.

Baca juga:

Moda transportasi yang direkomendasikan untuk wisatawan ketika mengunjungi Desa Sukarara adalah mobil. Kamu bisa menyewanya di Mataram dengan tarif mulai Rp 250.000 per hari.

Kalau naik delman, tarifnya juga sama yaitu mulai dari Rp 250.000. 

Wisatawan bisa membayar tiket masuk ke Desa Sukarara mulai dari Rp 5.000 per orang setiap harinya. Tiket tersebut sudah mencakup biaya sewa pakaian adat suku sasak dan aktivitas belajar menenun.

Selama berada di Desa Sukarara, wisatawan bisa melakukan beragam kegiatan. Di antaranya belajar menenun, mengenakan pakaian adat suku sasak, berfoto di depan rumah adat suku sasak, dan membeli oleh-oleh. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.