Kompas.com - 21/03/2022, 09:02 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menerapkan aturan ganjil genap bagi kendaraan yang hendak menuju objek wisata. Namun, kebijakan ini diterapkan hanya untuk memastikan pengunjung sudah divaksin.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul Aris Suharyanta menyampaikan, pemberlakukan ganjil genap dilakukan terhadap kendaraan wisatawan yang menuju destinasi wisata.

Baca juga:

Aturan itu hanya berlaku Jumat pukul 12.00 WIB sampai Minggu pukul 18.00 WIB sesuai Instruksi Bupati (Inbup) Bantul nomor 11/instr/2022 tentang PPKM level 4 COVID-19 di Kabupaten Bantul. Inbup diteken Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pada 15 Maret 2022 lalu.

Namun, pemberlakuannya akan berbeda dengan sebelumnya karena wisatawan tidak akan diminta putar balik selama mampu menunjukkan bukti vaksinasi, meski plat nomor kendaraannya tidak sesuai.

"Kali ini aturan ganjil genap kendaraan bermotor wisatawan yang akan masuk obyek wisata lebih diperlonggar. Jadi selama wisatawan bisa menunjukkan kartu vaksin masih boleh masuk ke destinasi wisata," kata Aris saat dihubungi wartawan, Minggu (20/03/2022).

Ia menjelaskan, pelonggaran ini agar wisatawan tidak kecele saat datang. 

"Kami tidak tega memutarkan balikkan kendaraan milik wisatawan yang sudah jauh-jauh datang dari luar DIY, apalagi kedatangan wisatawan kan bisa menggerakkan ekonomi juga."

"Tapi ya kami ingatkan agar wisatawan tetap patuh prokes, minimal pakai masker lah," kata Aris.

Baca juga:

Kepala Seksi Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan, terjadi penurunan wisatawan dari kunjungan pekan lalu.

Kunjungan wisata ke Bantul selama periode 14-20 Maret 2022 berdasarkan catatan Dinas Pariwisata Bantul mencapai 40.879 orang dengan pendapatan Rp396.974.250.

"Jumlah kunjungan pekan ini turun 7,4 persen dibandingkan Minggu lalu," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.