Kompas.com - 21/03/2022, 11:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 (MotoGP Mandalika 2022) telah berakhir.

Perhelatan ditutup dengan penyerahan trofi juara pertama MotoGP Mandalika 2022 oleh Presiden Joko Widodo, Minggu (20/03/2022).

Rupanya, trofi atau piala yang terinspirasi dari bentuk obor tersebut adalah karya tangan pelaku usaha ekonomi dan kreatif asal Gianyar, Bali, Tuksedo Studio.

Baca juga:

Dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Tuksedo Studio dikenal dalam kapasitasnya sebagai spesialis manufaktur mobil-mobil klasik yang dibuat secara handmade alias buatan tangan.

Namun oleh ITDC, Tuksedo Studio dipercaya untuk merancang dan melakukan produksi piala MotoGP Mandalika 2022.

Piala ini diserahkan kepada para pembalap peraih podium, mulai dari nomor Asia Talent Cup (ATC), Moto3, Moto2, dan kelas paling bergengsi MotoGP. 

Makna di balik piala Pertamina Grand Prix of Indonesia

Piala MotoGP Mandalika 2022.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Piala MotoGP Mandalika 2022.

Lalu, apa makna dari piala tersebut?

Pihak Tuksedo Studio menjelaskan, desain piala tersebut terinspirasi dari “obor” yang melambangkan menyalanya api kompetisi balap nan panas, sekaligus menjadi simbol inspirasi kebangkitan perekonomian Indonesia.

"Terutama pada sektor pariwisata yang terdampak oleh pandemi dengan harapan besar agar kita dapat sama-sama menjaga sehingga api dari 'obor' ini tidak pernah padam," terang Tuksedo Studio dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.