Kompas.com - 21/03/2022, 12:03 WIB

KOMPAS.com - Presiden Tayyip Erdogan meresmikan Jembatan Canakkale 1915, jembatan gantung raksasa yang melintasi Selat Dardanelles Turki, Jumat (18/03/2022). Jembatan ini menghubungkan dua benua yaitu Eropa dan Asia.

Dikutip Kompas.com dari CNN, Minggu (21/03/2022), jembatan yang menghubungkan pantai Eropa dan Asia di Turki ini memiliki bentang utama (jarak antara dua menara) terpanjang, dibandingkan jembatan gantung mana pun di seluruh dunia.

Diketahui jembatan gantung ini memiliki panjang jalan sejauh 2.023 meter, sebagai tanda untuk peringatan 100 tahun Republik Turki pada tahun 2023.

Baca juga:

Jembatan Canakkale 1915 dibangun oleh perusahaan Turki dan Korea Selatan dengan investasi 2,8 miliar Us Dollar atau sekitar Rp 40 triliun.

Erdogan mengatakan, penumpang yang menggunakan jembatan ini dengan kendaraan dikenakan biaya 13,50 US Dollar atau sekitar Rp 193.000.

Canakkale 1915 sendiri merupakan jembatan keempat yang menghubungkan pantai Eropa dan Asia di Turki, di samping tiga jembatan lainnya yang dibangun di Istanbul.

Menara dari jembatan ini memiliki tinggi 318 meter, dengan total panjang jembatan membentang sepanjang 4,6 km, termasuk jembatan penghubungnya.

Hingga saat ini, kendaraan yang melakukan perjalanan antara Anatolia dan semenanjung Gallipoli harus melintasi Dardanelles dalam satu jam perjalanan feri, serta memakan waktu sekitar enam menit.

Adapun pengerjaan proyek jembatan Canakkale 1915 atau biasa disebut jembatan Dardanelles dimulai pada Maret 2017, dengan lebih dari 5.000 pekerja yang terlibat.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.