Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary 3 Hari 2 Malam di Lombok, Wisata Budaya hingga Alam bak Surga

Kompas.com - 21/03/2022, 14:02 WIB
Elsa Catriana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LOMBOK, KOMPAS.com - Jika kamu ingin berwisata alam sekaligus wisata budaya, Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah pilihan tepat. Selain terkenal memiliki keindahan alam bak surga, kekayaan budaya Lombok juga tak kalah asyik untuk dikunjungi. 

Nah, untuk kamu yang berencana ingin ke Lombok, simak rencana perjalanan (itinerary) 3 hari 2 malam di Lombok yang Kompas.com rangkum, Senin (21/3/2022).

Hari pertama di Lombok:

Berikut ini adalah daftar kunjungan pada hari pertama di Lombok:

1. Tiga gili: Gili Terawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Jika kamu ingin menuju ke tiga pulau kecil ini, kamu harus berangkat ke pelabuhan Bangsal atau juga bisa pelabuhan Teluk Nare. Jaraknya dari Bandara Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid berkisar 57 kilometer (km) atau lebih kurang sekitar 2 jam. 

Ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Jika kamu ke ke Pulau Gili, ada tiga tempat yang bisa kamu nikmati keindahannya, yaitu Gili Terawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Gili Trawangan, Lombok, NTB.SHUTTERSTOCK/AKARAT PHASURA Gili Trawangan, Lombok, NTB.

Di Gili Trawangan kamu bisa menikmati matahari terbit alias sunrise di sekitar pelabuhan kecil mulai sekitar oukul 06.20 Wita. Matahari terbenam alias sunset bisa dinikmati di sekitar pinggiran Cafe Pink Coco pukul 18.00 Wita.

Kemudian, Gili Meno terkenal akan patung bawah lautnya karya seorang seniman pemahat patung bernama Jason deCaires Taylor. Patung yang dibentuk berjumlah 48 sepasang kekasih itu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu berfoto.

Apalagi ditambah banyaknya ikan berlalu lalang yang membuat foto kamu menjadi lebih ciamik.

Baca juga: 2 Pantai Cantik di Lombok, Jangan Lupa Mampir Saat Liburan

Patung-patung tersebut sengaja dibuat pada 2019, bukan hanya sebagai spot foto, melainkan juga tempat untuk mengembangbiakkan terumbu karang. 

Gili Meno juga biasanya dipakai para pengantin baru untuk honeymoon lantaran sepi dan jauh dari ingar-bingar. Walau demikian, tempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka berenang atau snorkeling

Snorkeling di Gili Meno. Tak hanya hotel di Gili Trawangan, hotel di Gili Meno dan Gili Air juga sangat terdampak oleh pandemi.KOMPAS.com/ELSA CATRIANA Snorkeling di Gili Meno. Tak hanya hotel di Gili Trawangan, hotel di Gili Meno dan Gili Air juga sangat terdampak oleh pandemi.

Gili Meno juga memiliki arena Gili Meno Wall untuk melihat para penyu berenang. Ada puluhan penyu yang akan kamu lihat sepanjang menyelam atau snorkeling di Gili Meno. 

Sementara itu, Gili Air mempunyai daya tarik yang tak kalah dari Gili Trawangan dan Gili Meno. Biota di Gili Air hampir sama dengan dua pulau kecil itu. 

Namun, yang menjadi primadona di Gili Air adalah terdapat beberapa tempat makan atau restoran yang menjadi opsi para pengunjung.

Baca juga: Uniknya Rumah Adat di Desa Sade Lombok, Beratap Alang-alang dan Jerami

Untuk akses transportasi ke tempat ini, kamu bisa berangkat dari Lombok, lalu menuju ke Pelabuhan Teluk Nare. Sementara untuk harga speedboat-nya berkisar Rp 150.000 per orang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com