Kompas.com - 21/03/2022, 18:34 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, pemerintah akan memperluas penerapan kebijakan bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) ke seluruh Indonesia.

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, terkait evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Maka hari ini, telah diumumkan kebijakan tanpa karantina diperluas ke seluruh Indonesia. Hanya dengan entry PCR test," ungkap Sandiaga dalam sesi Weekly Press Briefing, Senin (21/3/2022).

Baca juga:

Indonesia kembali layani penerbangan internasional, Jumat (4/02/2022). DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Indonesia kembali layani penerbangan internasional, Jumat (4/02/2022).

Adapun langkah tersebut diambil setelah mempertimbangkan penerapan uji coba tanpa karantina di Bali, Batam, dan Bintan yang dianggap berhasil.

 

"Kebijakan ini diambil berkaitan dengan suksesnya penerapan uji coba di Bali, Batam, dan Bintan dengan angka positivity rate yang sangat rendah dan juga reproduction rate yang semakin menurun," tuturnya.

Baca juga:

Sementara itu, informasi lebih lanjut mengenai kebijakan akan segera diumumkan dalam Surat Edaran Satgas Covid-19. Sandiaga menyebut, surat edaran akan segera terbit paling lambat Selasa (22/3/2022).

Meski kebijakan ini akan segera berlaku, ia mengimbau untuk tetap memperkuat testing dan tracing, serta penggunaan aplikasi PeduliLindungi, yang sempat menurun dalam beberapa waktu terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.