Kompas.com - 21/03/2022, 21:06 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat kunjungan wisatawan ke beberapa tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), termasuk Kabupaten Bantul, diperkirakan mengalami penurunan hingga menjelang libur Lebaran 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata, Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi. 

"Tradisi tahunan ketika bulan Ramadhan pasti obyek wisata sepi. Ini tidak saja di Bantul tapi hampir semua daerah di DIY," kata Markus saat dihubungi wartawan, Senin (21/3/2022).

Baca juga:

Dia mencontohkan jumlah kunjungan wisatawan pada 7-13 Maret 2022 yang mencapai 44.161 orang, sedangkan pada 14-20 Maret 2022 tercatat jumlah kunjungan kembali turun, tepatnya hanya mencapai 40.879 orang.

Ipung, panggilan akrab Markus, mengatakan, saat bulan Ramadhan, umumnya tempat yang ramai adalah pantai-pantai di Bantul karena terdapat tempat untuk wisata kuliner, khususnya seafood. 

Tidak hanya itu, banyak warga atau instansi yang menggelar acara buka bersama.

Pantai Goa Cemara di Bantul. Dok. Kompas.com Pantai Goa Cemara di Bantul.

"Banyak yang ngabuburit diakhiri santap seafood di sejumlah pantai yang ada rumah makan seafood-nya, seperti Pantai Depok, Goa Cemara hingga Pantai Baru," kata Ipung.

Nantinya, jika tidak ada pembatasan ataupun larangan mudik, maka diperkirakan wisatawan akan kembali ramai pada saat Lebaran.

"Meningkatnya kunjungan akan berdampak meningkatnya perekonomian masyarakat," kata dia.

Baca juga:

Ketua Komisi B, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul, Wildan Nafis, mengatakan bahwa sepinya wisatawan saat bulan puasa nantinya bisa ditutupi dengan kunjungan wisatawan saat libur Lebaran.

Apalagi jika pemerintah tidak lagi melarang adanya aktivitas mudik, seperti yang berlangsung sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

"Kalau melihat sinyal dari pemerintah saya kok optimis mudik Lebaran tahun ini tidak dilarang pemerintah. Apalagi saat ini syarat orang bepergian sudah tidak harus swab antigen hingga PCR," kata Wildan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.