Kompas.com - 22/03/2022, 06:04 WIB

KOMPAS.com - Pusat perbelanjaan atau department store modern pertama sekaligus salah satu yang tertua di Indonesia, Sarinah, resmi dibuka kembali pada Senin (21/3/2022). 

Untuk diketahui, sebanyak 500 unit usaha mikro kecil menengah (UMKM) membuka gerainya saat pembukaan mal yang berada di Jakarta Pusat ini. 

"95 persen sudah terisi, yang buka hari ini sekitar 75 persen terdiri dari food and beverage dan department store," ujar Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati, melansir Kompas.com, Seni

Baca juga: 5 Fakta Gedung Baru Sarinah, Diresmikan Hari Ini

Fasilitas yang tersedia di Sarinah

Dari total 500 UMKM, dikutipdari laporan resmi yang diberikan pengelola PT Sarinah, kategori produk lokal yang dijual cukup bervariasi.

Pengunjung bisa menemukan gerai-gerai busana, wastra, kerajinan, kesehatan dan kecantikan, furnitur, makanan dan minuman, serta berbagai produk kreatif yang dipajang secara menarik.

Tak hanya tempat berbelanja, Sarinah menyediakan beberapa fasilitas tempat kumpul maupun ruangan lainnya. Seperti ruang terbuka amphitheater dan skydeck untuk pergelaran, eksihbisi, dan community gathering.

Tampilan salah satu gerai pakaian batik di department store SarinahKOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Tampilan salah satu gerai pakaian batik di department store Sarinah

Lalu, ada berbagai tempat untuk wisata kuliner, relief Soekarno, eskalator pertama di Indonesia, Kolam Pantul, serta Museum Sarinah yang berisi galeri foto.

Bahkan, Sarinah memiliki Trading House & Export Business Facilitation. Adapun fasilitas ini dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan pasar ekspor.

"Di lantai lima ada Trading House, itu pusat bisnis, misalnya mau ketemu klien atau dealing, atau melakukan bisnis apapun," kata Public Relations PT Sarinah bernama Wishnu, kepada Kompas.com.

"Misalnya ada orang ke sini, lihat rotan, lalu mau ketemu sama pengrajinnya untuk bisnis. Nanti mereka kalau mau ngobrol bisa ketemu dan diskusi di sana," lanjutnya. 

Selain itu, terdapat berbagai fasilitas umum penunjang lainnya. Mulai dari toilet, ruang nursery (untuk ibu dan bayi), musala, ruang parkir bertingkat, hingga money changer.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.