Kompas.com - 22/03/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 baru saja selesai pada Minggu (28/3/2022) lalu. Ajang tersebut turut memperkenalkan Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) ke kancah internasional.

Lombok Tengah memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang indah, mayoritasnya berupa pantai. Obyek wisata di Lombok Tengah tersebut didatangi wisatawan baik mancanegara maupun nusantara selama ajang MotoGP Mandalika.

Baca juga: 12 Wisata Lombok NTB Selain Pantai, Ada Goa dan Bukit

Bahkan, destinasi wisata di Lombok Tengah sudah terkenal sebelum ajang balap internasional itu digelar. Berikut 11 tempat wisata di Lombok Tengah salah satunya pernah didatangi pebalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez

1. Pantai Kuta Mandalika

MotoGP sendiri bertempat di Pertamina Mandalika International Street Sirkuit atau Sirkuit Mandalika yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Pantai Kuta Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.SHUTTERSTOCK/CAHYADI SUGI Pantai Kuta Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Tak jauh dari lokasi sirkuit, wisatawan bisa mengunjungi Pantai Kuta Mandalika atau disebut juga Pantai Kuta Lombok.

Pantai Kuta Mandalika memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer. Pantai ini terkenal memiliki pasir putih yang bersih.

Baca juga: Itinerary Wisata Seharian Dekat Sirkuit Mandalika, Main di Pantai Kuta

Selain itu, air lautnya bening sehingga pengunjung bisa melihat panorama gugusan terumbu karang di bawah laut.

2. Pantai Tanjung Aan

Tak jauh dari Sirkuit Mandalika, wisatawan juga dapat menjumpai Pantai Tanjung Aan, seperti dikutip dari Kompas.com (21/11/2021).

Pantai Tanjung Aan, spot menarik di Mandalika.www.indonesia.travel Pantai Tanjung Aan, spot menarik di Mandalika.

Pantai ini terletak di Sengkol, Kuta, Pujut, Lombook Tengah, atau sekitar tujuh menit perjalanan menggunakan mobil dari Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Lombok, Wisata Budaya hingga Alam bak Surga

Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih. Selain itu, wisatawan juga bisa berburu kuliner, berenang, dan snorkeling di kawasan pantai tersebut.

3. Bukit Merese

Saat mengunjungi Pantai Tanjung Aan, wisatawan dapat sekaligus menikmati panorama dari atas Bukit Merese. Bukit ini, mengelilingi Pantai Tanjung Aan yang berpasir putih.

Tempat wisata bernama Bukit Merese yang menampilkan pemandangan Pantai Tanjung Aan di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.SHUTTERSTOCK/FREKEDECH Tempat wisata bernama Bukit Merese yang menampilkan pemandangan Pantai Tanjung Aan di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Lokasinya berada di Jalan Kuta Lombok, Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Dari atas bukit, wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam.

Panorama alam di Bukit Merese ini dapat dinikmati tanpa perlu membayar tiket masuk, atau gratis. Wisatawan hanya perlu jalan kaki dari Pantai Tanjung Aan menuju puncak bukit.

Baca juga: Event Balap Motor Antre di Sirkuit Mandalika, Ada World Superbike

Sedangkan, dari Sirkuit Mandalika wisatawan bisa berkendara selama kurang lebih sembilan menit untuk mencapai Bukit Merese.

4. Pantai Semeti

Pantai ini menawarkan panorama menyerupai planet krypton pada film Superman. Pasalnya, terdapat barisan tebing batu tinggi berbentuk runcing.

Panorama tebing batu tersebut merupakan spot foto favorit para wisatawan. Namun, pengunjung diimbau berhati-hati ketika mengambil foto di kawasan pantai demi keselamatan. Lokasinya berada di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.