Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf Optimistis Wisata NTB Tetap Ramai Usai MotoGP Mandalika

Kompas.com - 23/03/2022, 05:04 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis akan peningkatan kunjungan wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) usai perhelatan MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Ia meyakini, melalui ajang balap motor internasional ini, Lombok dan NTB akan kian populer dan diminati.

"Lombok dan NTB makin populer dan diminati wisatawan sehingga mereka perkirakan akan terjadi peningkatan kunjungan wisnus (wisatawan nusantara) maupun wisman (wisatawan mancanegara) ke Lombok," tutur Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (21/3/2022).

Baca juga:

Menurut dia, peningkatan jumlah kunjungan didukung dengan berlakunya kemudahan perjalanan bagi wisatawan karena sudah terkendalinya penyebaran Covid-19.

Sandiaga menyebutkan, kesuksesan MotoGP Mandalika ini menjadi momentum penting dalam menguatkan posisi Indonesia sebagai negara tujuan sport tourism kelas dunia.

"Suksesnya penyelenggaraan event MotoGP menjadi perhatian dunia, termasuk 400 juta penggemar MotoGP di seluruh dunia yang menyaksikan langsung jalannya ajang balap melalui televisi," sambung Sandiaga.

Baca juga:

Di samping keindahan sirkuit Mandalika, destinasi alam dan budaya NTB juga diyakini bakal memikat calon-calon wisatawan untuk berkunjung.

Apalagi, Lombok dengan panorama alam yang indah dan kekayaan budayanya juga bisa dijadikan destinasi wisata lain, seperti destinasi wisata bulan madu, liburan, dan perhelatan internasional lainnya.

Pebalap Marco Bezzecchi, Mooney VR46 Racing Team bersiap saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Marco Bezzecchi, Mooney VR46 Racing Team bersiap saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.

Hal itu termasuk sejumlah perhelatan balap motor lain yang mengantre untuk digelar secara rutin dan terjadwal di Mandalika International Street Circuit.

"Pada penyelenggaraan event MotoGP Mandalika tahun depan diproyeksikan akan menarik lebih banyak wisatawan mancanegara, terutama para penggemar MotoGP dari seluruh dunia," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com