Kompas.com - 23/03/2022, 05:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis akan peningkatan kunjungan wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) usai perhelatan MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Ia meyakini, melalui ajang balap motor internasional ini, Lombok dan NTB akan kian populer dan diminati.

"Lombok dan NTB makin populer dan diminati wisatawan sehingga mereka perkirakan akan terjadi peningkatan kunjungan wisnus (wisatawan nusantara) maupun wisman (wisatawan mancanegara) ke Lombok," tutur Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (21/3/2022).

Baca juga:

Menurut dia, peningkatan jumlah kunjungan didukung dengan berlakunya kemudahan perjalanan bagi wisatawan karena sudah terkendalinya penyebaran Covid-19.

Sandiaga menyebutkan, kesuksesan MotoGP Mandalika ini menjadi momentum penting dalam menguatkan posisi Indonesia sebagai negara tujuan sport tourism kelas dunia.

"Suksesnya penyelenggaraan event MotoGP menjadi perhatian dunia, termasuk 400 juta penggemar MotoGP di seluruh dunia yang menyaksikan langsung jalannya ajang balap melalui televisi," sambung Sandiaga.

Baca juga:

Di samping keindahan sirkuit Mandalika, destinasi alam dan budaya NTB juga diyakini bakal memikat calon-calon wisatawan untuk berkunjung.

Apalagi, Lombok dengan panorama alam yang indah dan kekayaan budayanya juga bisa dijadikan destinasi wisata lain, seperti destinasi wisata bulan madu, liburan, dan perhelatan internasional lainnya.

Pebalap Marco Bezzecchi, Mooney VR46 Racing Team bersiap saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Marco Bezzecchi, Mooney VR46 Racing Team bersiap saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.

Hal itu termasuk sejumlah perhelatan balap motor lain yang mengantre untuk digelar secara rutin dan terjadwal di Mandalika International Street Circuit.

"Pada penyelenggaraan event MotoGP Mandalika tahun depan diproyeksikan akan menarik lebih banyak wisatawan mancanegara, terutama para penggemar MotoGP dari seluruh dunia," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.