Kompas.com - 23/03/2022, 09:56 WIB

KOMPAS.com - Bepergian dengan seseorang yang memiliki alergi makanan membutuhkan perencanaan ekstra. Kondisinya tidak jauh berbeda jika pengidap alergi itu adalah kamu sendiri.

Namun demikian, bukan berarti alergi makanan membatasi rencana liburan. Dengan tindakan pencegahan yang tepat, kamu dapat bepergian dengan aman bersama kerabat atau sahabat. 

Baca juga: 6 Tips Liburan di Musim Hujan agar Tetap Nyaman

Berikut tips berwisata dengan pengidap alergi makanan agar tetap aman, seperti dilansir dari USA Today.

1. Cek menu di hotel

Jika kamu atau salah satu anggota keluarga memiliki alergi makanan, maka liburan harus direncanakan dengan matang. Salah satunya adalah dengan mengecek menu di hotel tempat menginap.

Informasi mengenai menu dapat dilihat di situs web atau media sosial hotel. Selain itu, ada beberapa hotel yang memasukkan informasi mengenai bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan alergi di dalam situs web mereka.

Tips lainnya adalah carilah hotel yang menyediakan kulkas mini atau microwave bagi tamu. Dengan demikian, kamu dapat menyiapkan makanan secara mandiri untuk menghindari menu yang bisa memicu alergi.

Baca juga: 7 Benda yang Harus Dibawa Saat Traveling pada Musim Hujan

2. Ketahui aturan soal alergi di pesawat

Ilustrasi penumpang pesawat meminta campuran minuman sendiri.SHUTTERSTOCK/BIGNAI Ilustrasi penumpang pesawat meminta campuran minuman sendiri.

Jika kamu naik pesawat, maka sebaiknya pelajari aturan terkait alergi dari maskapai penerbangan ketika memesan tiket. Biasanya, maskapai memberikan informasi terkait penumpang dengan alergi.

Apabila salah satu anggota keluarga mempunyai alergi yang parah, maka penumpang bisa meminta zona bebas pemicu alergi itu. Tipsnya adalah memilih penerbangan paling awal, karena biasanya pesawat masih bersih.

Baca juga: 6 Tips Cari Tiket Pesawat Murah, Pesan Saat Malam Hari

3. Siapkan asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah hal utama yang tidak boleh dilewatkan jika salah satu anggota keluarga memiliki alergi. Utamanya apabila destinasi liburan kamu ke luar negeri.

Kamu harus memastikan apakah polis asuransi kesehatan tersebut juga menanggung kunjungan ke dokter dalam kondisi darurat di negara tujuan. Selain itu, pastikan masa berlaku pertanggungan polis masih berlaku.

Kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai risiko alergi kambuh dalam perjalanan.

Baca juga: 10 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa Saat Traveling ke Luar Negeri

Halaman:


Video Pilihan

Sumber USA Today
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.