Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi Menara Eiffel di Perancis Bertambah 6 Meter, Ada Apa?

Kompas.com - 23/03/2022, 11:27 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Mirror

KOMPAS.com - Menara Eiffel di Kota Paris, Perancis, bertambah tinggi hingga enam meter karena ada antena komunikasi baru yang dipasang di puncak menara.

Dilansir dari situs web resminya, tinggi menara tersebut saat ini menjadi 330 meter. 

Sebagai informasi, sewaktu dibangun dan belum dinamai Menara Eiffel, bangunan tersebut dijuluki "300m Tower" (Menara 300 Meter). Pada tahun 1889, tingginya menjadi sekitar 312 meter berkat adanya tiang Bendera Perancis. 

Selanjutnya, pada tahun 1957, Menara Eiffel "tumbuh" hingga mencapai 320 meter, sedangkan pada tahun 2000 tercatat tingginya adalah 324 meter.

Baca juga:

Selain itu, tinggi menara yang berat totalnya 10.100 ton ini bertambah ketika suhu naik, terutama saat musim panas. Sebagaimana dikutip dari situs web resminya, fenomena tersebut bernama thermal expansion atau ekspansi termal. 

Panas menyebabkan volume menara bertambah beberapa sentimeter (cm). Fenomena tersebut juga menyebabkan menara sedikit "menjauhi" matahari, yang hanya menyinari satu dari empat sisi menara.

Eiffel TowerDok. PIXABAY.com Eiffel Tower

Sebaliknya, saat musim dingin, struktur logam di Menara Eiffel berkontraksi, sehingga tingginya berkurang beberapa sentimeter. 

Selain pemasangan antena baru, masih akan ada perubahan lain yang akan dilakukan terhadap menara ini. Salah satunya adalah pengecatan Menara Eiffel dengan nuansa emas jelang Olimpiade 2024.

Konon, dilansir dari Mirror.co.uk, Rabu, warna emas adalah warna yang diinginkan oleh sang pendiri menara, Gustave Eiffel.

Baca juga:

"Warna emas di Menara Eiffel saat Olimpiade, akan memberinya sedikit peremajaan," kata CEO Société d'Exploitation de la Tour Eiffel, Patrick Branco Ruivo, kepada France Info.

Menara Eiffel sebenarnya telah dicat ulang sebanyak 18 kali sejak awal pembangunannya.

Adapun pengecatan memakan waktu yang cukup lama lantaran ada sekitar 250.000 meter persegi permukaan menara yang harus dicat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com