Bebas Karantina Berlaku di Seluruh Indonesia, PPLN Hanya Perlu Tes PCR

Kompas.com - 23/03/2022, 19:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang tiba di Indonesia tak perlu lagi menjalani karantina. Ini berlaku untuk kedatangan di seluruh bandara di Indonesia.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (23/03/2022).

"PPLN yang tiba melalui bandara di seluruh Indonesia tidak perlu lagi harus melewati karantina," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers secara daring terkait kebijakan PPLN dan Panduan Protokol Kesehatan Ramadhan dan Idul Firti, Rabu.

Baca juga:

Kendati demikian, PPLN disyaratkan melakukan tes usap RT-PCR terlebih dahulu saat tiba di pintu kedatangan.

Jika hasil tes RT-PCR PPLN negatif, maka PPLN akan dipersilakan keluar dari bandara dan melanjutkan aktivitasnya di Indonesia.

Sedangkan, jika hasil tes positif, maka PPLN akan ditangani langsung oleh Satgas Covid-19, sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Adapun langkah ini diambil pemerintah setelah mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 di tanah air yang kian membaik.

Baca juga:

Atas dasar itu, pemerintah memutuskan mengambil sejumlah langkah-langkah pelonggaran, termasuk kebijakan bebas karantina bagi PPLN.

"Semoga tren yang semakin membaik ini dapat kita pertahankan. Saya minta kita semuanya tetap menjalankan protokol kesehatan," ucap mantan Wali Kota Solo itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.