Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2022, 13:31 WIB

KALABAHI, KOMPAS.com - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) tengah menggenjot penataan sejumlah wisata di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur BPOLBF Shana Fatina mengatakan, pihaknya tidak hanya fokus pada pengembangan wisata budaya, tetapi wisata bahari.

"Ada dua kampung adat yang kita kembangkan. Satunya kampung adat Matalafang, satu lagi kampung adat Takpala," kata Shana kepada Kompas.com, melalui via telepon, Rabu (23/3/2022).

Baca juga: Pantai Sebanjar Alor NTT, Wisata Pasir Putih dan Sunset yang Menawan

Selain dua kampung itu, sebut Shana, Desa Ternate di Kecamatan Alor Barat Laut juga sangat unik karena desa mempunyai produk kain tenun khas.

Sementara wisata bahari lanjut dia, BPOLBF akan menata wilayah sekitar Selat Pantar. Karena itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak pengelola Selat Pantar untuk melakukan kolaboratif manajemen.

"Ini juga bagaimana kita membuat activity yang melibatkan masyarakat, comunity development, dan wisata minat khusus untuk diving," ujarnya.

Segmen pariwisata alor

Kendati demikian, sambung Shana, untuk sementara pihaknya lebih banyak mengembangkan konservasi dan perairan baharinya. Sebab, pariwisata Alor segmennya adalah wisatawan minat khusus.

"Kita akan buat peta tematik wisata bahari. Dan Alor salah satu yang akan dikembangkan agar di-notice oleh wisatawan, khususnya yang minat wisata bahari," ujarnya.

Baca juga: Mau Lihat Dugong Secara Langsung? Kunjungi Alor

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Alor, Ripka Sukerni Jayati menyampaikan terima kasih kepada BPOLBF yang sudah mendukung upaya pengembangan industri pariwisata di kabupaten itu.

Foto: Keindahan Pantai Sebanjar  Desa Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor.Dokumen Instagram kakikuatbajalan Foto: Keindahan Pantai Sebanjar Desa Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor.

Ripka mengatakan, pemerintah daerah siap membantu memfasilitasi apa saja yang dibutuhkan oleh pihak BPOLBF.

Khusus wilayah perairan kata dia, Kabupaten Alor memiliki lebih dari 70 titik diving yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Baca juga: Dinas Pariwisata NTT Usulkan Pembangunan 2 Marina di Maumere dan Alor

"Karena memang di perairan di Alor banyak gugusan pulau dan titik diving yang luar biasa. Ada sekitar 70 titik yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Kami siap mendukung BPOLBF," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+