Kompas.com - 24/03/2022, 13:32 WIB

 

KOMPAS.com - Kemah saat berlibur merupakan pengalaman yang seru. Namun, kemah sambil menginap di tenda juga berisiko menyebabkan sakit punggung atau badan pegal.

Jika bosan mengunjungi tempat wisata atau hotel biasa, kamu bisa coba berkemah di kawasan alam terbuka, seperti gunung, bukit, atau pantai.

Bagi pemula atau yang belum pernah kemah sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa diterapkan bila khawatir merasa pegal saat menginap di tenda.

Baca juga:

Presiden British Chiropractors Association (BCA) Catherine Quinn, membagikan sejumlah tips. Seperti dirangkum Kompas.com dari Express.co.uk, Kamis (24/3/2022):

  • Mengecek kualitas peralatan kemah terutama matras

Catherine mengatakan, kamu bisa melindungi punggung dari permukaan keras dan potemsi lembap dengan tidur di matras kemah atau kasur udara yang berkualitas dan diakui.

“Coba dulu peralatannya di toko sebelum membeli untuk menemukan bahan yang tepat untuk Anda. Ketahui juga sebagian besar toko bagus akan menyediakan sampel," jelasnya.

Seorang pekerja memasang sprei di tenda yang dipasang di area camping ground Kuta Beach Park The Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/3/2022). Guna memberikan alternatif tempat menginap bagi penonton MotoGP, telah tersedia camping groundkawasan Kuta Beach Park yang dilengkapi dengan tenda berbagai ukuran serta fasilitas pendukung lainnya seperti matras, kantong tidur dan tikar.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Seorang pekerja memasang sprei di tenda yang dipasang di area camping ground Kuta Beach Park The Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/3/2022). Guna memberikan alternatif tempat menginap bagi penonton MotoGP, telah tersedia camping groundkawasan Kuta Beach Park yang dilengkapi dengan tenda berbagai ukuran serta fasilitas pendukung lainnya seperti matras, kantong tidur dan tikar.

Kasur atau matras untuk berkemah sangat bervariasi dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda.

Jika kamu ingin berkemah dalam jangka panjang, sebaiknya siapkan anggaran khusus untuk peralatan camping, terutama matras, karena kualitas yang buruk bisa menyebabkan kerusakan punggung.

Baca juga:

Selain tikar, kasur udara (air mattress) dapat membantu menghindari sakit punggung.

Oleh karena itu, sesuai saran Catherine, kamu bisa menguji sampel atau meminta saran dari petugas toko untuk membuat pilihan peralatan camping yang tepat.

  • Siapkan tempat tidur yang nyaman

Ia mengatakan, tidur di permukaan yang lebih keras memang berisiko menyebabkan masalah bagi punggung.

Oleh karena itu, agar tetap hangat dan nyaman, kamu bisa memasang tenda, alas tidur, dan lainnya dengan menyesuaikan medan perkemahan. 

“Siapkan area tidurmu terlebih dahulu. Sebelum memasang tenda, pastikan menyingkirkan batu besar atau tongkat yang bisa menancap di punggung," kata Catherine.

Baca juga:

Tergantung area kamu mendirikan tenda, ada kemungkinan banyak bebatuan yang tidak nyaman di tanah.

Maka, kamu sebaiknya membersihkan area terlebih dahulu sebelum mendirikan tenda untuk memastikan permukaan yang nyaman. Kamu juga bisa memanfaatkan kantung tidur dan bantal sebagai pelengkap.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.