6 Tips Cegah Tersesat Saat Mendaki Gunung dan Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan

Kompas.com - 24/03/2022, 19:07 WIB

KOMPAS.com – Perjalanan mendaki gunung bagi sebagai orang merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. 

Bisa menjelajahi alam, menuju ke tempat-tempat yang indah atau mengabadikan foto keren saat berada di area tertentu, mislanya saja puncak gunung. 

Namun, mendaki gunung itu tak hanya soal keseruan. Ada banyak hal yang perlu disiapkan, demi keamanan dan agar tak tersesat. 

Baca juga: Cara Atasi Hipotermia di Gunung, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Banyak pendaki yang sering kali membuat kesalahan dalam melakukan pendakian, sehingga bisa mudah tersesat. 

4 kesalahan pendaki gunung yang sering dilakukan

Menurut peneliti di SomkyMountains.com yang telah menganalisis lebih dari 100 laporan, disebutkan bahwa ada empat kesalahan besar yang sering dilakukan pendaki gunung, dikutip dari Travel and Leisure, Kamis (24/3/2022):

  • Pertama adalah tak memberitahu soal rencana perjalanan kepada orang yang dipercaya, misalnya saja orangtua atau teman dekat. 
  • Kedua adalah berkeliaran ke area yang tak diketahui. Padahal, lebih baik tetap di lokasi yang sudah dikuasai karena peluang ditemukan tim SAR (Search and Rescue) lebih besar serta masalah cedera juga bisa dicegah.
  • Ketiga adalah tidak mengepak pakaian berwarna cerah, diketahui memakai pakaian cerah bisa dengan mudah membatu Tim Sar dalam menemukan pendaki.
  • Keempat adalah tidak tahu kapan harus bergerak. Itu semua dikarenakan kurangnya persiapan sehingga tidak menguasai navigasi atau peta.

Baca juga: Cegah Hipotermia Saat Naik Gunung, Bawa 3 Perlengkapan Ini

Belum lagi masalah tidak membawa perlengkapan pendakian yang bagus dan lengkap juga bisa membawa bencana. 

Tips agar tidak tersesat saat mendaki gunung

Tadi adalah kesalahan fatal yang kerap dilakukan pendaki, berikut ini Kompas.com akan membagikan sejumlah tips mencegah pendaki tersesat di gunung

Ilustrasi gunung - Pemandangan kawah Gunung Rinjani (SHUTTERSTOCK/K_Boonnitrod).SHUTTERSTOCK/K_Boonnitrod Ilustrasi gunung - Pemandangan kawah Gunung Rinjani (SHUTTERSTOCK/K_Boonnitrod).

1. Mendaftar di basecamp pendakian

Pastikan untuk selalu mendaftarkan diri ke basecamp pendakian jika ingin mendaki gunung demi keamanan, seperti dikutip dari Kompas.com (9/7/2019).

Biasanya pihak basecamp akan memberitahu soal medan dan rute yang akan dilalui, kemudian memberikan sejumlah anjuran agar tak melewati sejumlah jalan tertentu yang dinilai berbahaya. 

Selain itu, jika waktu turun yang direncanakan sudah lewat, pihak basecamp bisa langsung memberikan pertolongan jika dirasa ada kejanggalan seperti adanya pendaki yang tersesat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.