Kompas.com - 25/03/2022, 17:04 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah, kembali meniadakan tradisi padusan di sejumlah umbul, atau pemandian alami, menjelang Ramadhan 2022 ini. 

Untuk diketahui, padusan berasal dari bahasa Jawa adus yang berarti mandi. Bagi masyarakat Jawa, makna padusan adalah menyucikan diri serta membersihkan jiwa dan raga dalam menyambut datangnya bulan suci.

Biasanya, padusan dilakukan dengan cara berendam, atau mandi di sumur-sumur atau sumber mata air lainnya.

Dikutip dari Tribun Solo, Senin (21/3/2022), keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Seni dan Tradisi Menjelang Bulan Suci Ramadhan.

"Persiapan bulan puasa ini, kami sudah terbitkan Surat Edaran Sekda (Sekretariat Daerah). Padusan ditiadakan," ujar Pejabat (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, dikutip dari Tribun Solo.

Baca juga:

Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.

Menurutnya, peniadaan padusan tersebut guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten. Bagi masyarakat ingin melakukan tradisi padusan, tetap bisa melaksanakan di rumah masing-masing.

Meskipun padusan ditiadakan, namun tempat wisata air di Kabupaten Klaten tetap buka dengan aturan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Tempat wisata tetap buka dengan penerapan PPKM Level 3," imbuhnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.