Kompas.com - 25/03/2022, 21:05 WIB

KOMPAS.com - Instalasi Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls dari seniman Yayoi Kusama kembali dibuka di Museum MACAN, Jakarta Barat, mulai Sabtu (26/3/2022).

Sebelumnya, Head of Communication Museum MACAN, Margaretha Untoro, mengatakan bahwa instalasi ini sempat ditutup dua tahun untuk mengantisipasi keamanan karena berada di ruang tertutup.

Yayoi Kusama sendiri merupakan seorang seniman kontemporer Jepang yang populer, dan telah membuat seri dari Infinity Mirrored Room sejak tahun 1965.

Baca juga: Museum MACAN Buka Lagi Infinity Room Yayoi Kusama, Simak Aturannya

"Yayoi itu seniman yang cukup populer, jadi untuk masyarakat umum yang mungkin tidak terlalu mendalami seni, biasanya juga tahu karya-karya beliau," jelas Margie, sapaan akrabnya, kepada Kompas.com, Jumat (25/3/2022).

Selain itu, instalasi Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls banyak disukai pengunjung karena memiliki warna-warni yang menarik. Sehingga tentu saja, akan terlihat cantik saat diabadikan dengan kamera. 

Jika ingin berkunjung, ada beberapa tips dari Margie yang sebaiknya diperhatikan.

1. Hanya boleh memotret dengan kamera ponsel

Untuk diketahui, pengunjung tidak boleh memotret menggunakan kamera digital (DSLR, Mirrorless, kamera saku digital), kamera analog (SLR, kamera 35mm, kamera instan seperti Polaroid dan Instax), tripod, dan tongkat selfie di dalam area museum.

"Pengunjung hanya boleh menggunakan handphone ya," ujar Margie.

Salah satu alasan kamera tidak diperbolehkan adalah karena cahaya kedipan kamera yang memancar kuat bisa berpotensi merusak lukisan atau benda halus.

Baca juga: 3 Tips Berkunjung ke Museum MACAN, Menikmati Present Continuous

Infinity Mirrored Room – Brilliance of The Souls dalam pameran seni Yayoi Kusama: Life Is The Heart of A Rainbow pada 12 Mei-9 September 2018 di Museum MACAN, Jakarta, Rabu (9/5/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Infinity Mirrored Room – Brilliance of The Souls dalam pameran seni Yayoi Kusama: Life Is The Heart of A Rainbow pada 12 Mei-9 September 2018 di Museum MACAN, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

2. Datang pada pagi hari saat weekdays

Selanjutnya, ia mengatakan, saat membeli tiket online sebaiknya mengambil slot waktu pagi hari saat hari biasa atau weekdays.

"Biasanya lebih tenang aja dibandingkan waktu yang lain," kata dia.

Sebagai informasi, Museum MACAN buka setiap hari Selasa hingga Minggu, pukul 10.00-16.00 WIB.

Baca juga: Jalan-jalan Virtual di Museum Macan, Ada Kegiatan Ramah Anak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.