Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malamang, Tradisi Minangkabau untuk Kebersamaan Jelang Ramadhan

Kompas.com - 27/03/2022, 14:30 WIB
Ulfa Arieza ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia kaya akan tradisi menjelang bulan Ramadhan. Banyak daerah di Nusantara memiliki tradisi unik menyambut bulan suci.

Salah satunya adalah malamang di Sumatera Barat. Hingga saat ini, masyarakat setempat tetap melestarikan tradisi turun temurun tersebut.

Baca juga:

Apa itu malamang?

Mengutip Portal Resmi Provinsi Sumatera Barat, (24/06/2016), malamang adalah tradisi turun temurun Minangkabau. Malamang dilakukan dengan memasak lamang, makanan tradisional Minangkabau.

Tradisi malamang biasanya dilaksanakan menjelang Ramadhan, serta hari-hari besar umat Islam lainnya seperti kelahiran Nabi Muhammad SAW, peringatan Isra Miraj, dan lainnya. Masyarakat Minang juga menggelar malamang pada peringatan meninggal dunia warga.

Tradisi turun temurun ini dapat ditemukan di seluruh Nagari di Sumatera Barat, antara lain Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Padang Pariaman, serta daerah lainnya.

Lamang, makanan khas Ramadhan

Lamang tapai makanan khas minangkabauPixabay/Husnil Khawatim Lamang tapai makanan khas minangkabau

Lantas, apa itu lamang? Berdasarkan informasi dari Tribun Travel, (25/02/2021), lamang merupakan kuliner tradisional masyarakat Minang. Kudapan ini selalu diburu untuk berbuka puasa.

Bahan utama lamang adalah beras ketan yang dicampur dengan air santan. Selanjutnya, campuran beras ketan dan air santan tersebut dimasukkan ke dalam bambu yang telah dilapisi daun pisang.

Baca juga: Lamang Tapai, Hidangan Purba khas Tanah Datar yang Masih Eksis

Setiap daerah di Sumatera Barat memiliki ciri khas dalam menyajikan lamang. Namun, saat Ramadhan lamang biasanya disajikan bersama tapai.

Tapai merupakan makanan hasil fermentasi beras ketan hitam dengan ragi. Sajian lamang khas Sumatera Barat ini disebut lamang tapai.

Tidak hanya dengan tapai, lamang juga bisa disajikan dengan makanan pendamping lainnya bercita rasa manis atau gurih.

Untuk lamang manis biasanya diberi tambahan seperti seperti selai, cairan gula merah (kinca), durian, dan sarikaya. Sedangkan, lamang gurih biasanya disajikan bersama rendang, telur, atau makanan pendamping lainnya.

Baca juga: Mengenal Padusan, Tradisi Unik Masyarakat Jawa Menyambut Ramadhan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com