PPLN Bebas Karantina, Jumlahnya di Ngurah Rai dan Soekarno-Hatta Naik

Kompas.com - 28/03/2022, 11:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI mengatakan bahwa kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Soekarno-Hatta mulai mengalami peningkatan setelah kebijakan bebas karantina diterapkan.

Hal ini terlihat dari laporan perlintasan Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Soekarno-Hatta yang diterima Ditjen Imigrasi per Jumat (25/03/2022).

"Berdasarkan data perlintasan dari Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara I Gusti Ngurah Rai, total PPLN yang masuk ke Bali selama 13 – 24 Maret 2022 adalah 7.317 orang," kata Sub Koordinator Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Achmad Nur Saleh dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (28/3/2022).

Baca juga:

Ia menambahkan, puncak kedatangan adalah pada akhir pekan lalu yaitu di tanggal 19 Maret, dengan jumlah 1.060 orang.

“Selain di Bali, kami juga mulai melihat adanya tren peningkatan kedatangan PPLN ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta setelah pemberlakuan bebas karantina," ujar Achmad.

Peningkatan kedatangan PPLN ini berdasarkan data perlintasan yang diterima Ditjen Imigrasi dari TPI Bandara Soekarno-Hatta. Sebanyak 2.470 orang asing tercatat telah melewati pemeriksaan keimigrasian di Bandara Soetta, pada Jumat (25/03/2022) pukul 13.41 WIB.

Petugas melintas saat hari pertama pembukaan kembali penerbangan internasional di area Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (14/10/2021). Bandara Ngurah Rai resmi dibuka kembali untuk melayani penerbangan internasional meskipun hingga Kamis siang masih belum ada pengajuan 'slot time' penerbangan internasional dari maskapai penerbangan di bandara tersebut. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nzANTARA FOTO/FIKRI YUSUF Petugas melintas saat hari pertama pembukaan kembali penerbangan internasional di area Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (14/10/2021). Bandara Ngurah Rai resmi dibuka kembali untuk melayani penerbangan internasional meskipun hingga Kamis siang masih belum ada pengajuan 'slot time' penerbangan internasional dari maskapai penerbangan di bandara tersebut. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nz

Sementara itu, dalam kurun waktu yang sama terdapat 3.611 penerbitan VOA khusus wisata di Bali, atau separuh dari total kedatangan.

Selain warga negara Indonesia (WNI), PPLN didominasi oleh Warga Negara Australia yang kedatangannya lebih dari 200 orang per hari.

Baca juga:

Peningkatan PPLN dipengaruhi aturan bebas karantina

Achmad mengatakan, peningkatan yang cukup signifikan ini juga didorong oleh kebijakan pembebasan karantina berdasarkan Surat Edaran (SE) Kasatgas Covid-19 yang terbit pada 23 Maret lalu.

“Awalnya kebijakan bebas karantina diujicobakan terhadap turis asing yang masuk melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai pada 7 Maret 2022. Setelah dimulainya kebijakan tersebut, kedatangan Orang Asing khususnya di Bali mengalami peningkatan," terangnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.