Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swedia Akan Hapus Larangan Masuk untuk Semua Negara Mulai 1 April

Kompas.com - 28/03/2022, 17:17 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Swedia berencana mencabut larangan masuk untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dari negara di luar negara-negara Uni Eropa (UE) dan Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), mulai Jumat (1/4/2022).

Dilansir dari keterangan resmi Pemerintah Swedia, Jumat (25/3/2022), kewajiban untuk menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19 dan hasil tes juga akan ditiadakan.

Baca juga:

Keputusan pencabutan ini salah satunya berhubungan dengan dihapusnya larangan masuk ke negara-negara anggota UE dan EEA. 

Badan Kesehatan Masyarakat Swedia menilai pembatasan tersebut tidak lagi menjadi tindakan pengendalian infeksi yang proporsional.

Ilustrasi Swedia.PEXELS/NACILA GD Ilustrasi Swedia.

Walau pandemi Covid-19 belum berakhir, namun wabah tersebut telah memasuki babak baru berkat tingkat vaksinasi yang tinggi. 

"Kami telah mencabut larangan masuk untuk negara-negara UE. Saat ini pemerintah telah memutuskan tidak memperpanjang larangan masuk bagi negara-negara ketiga. Hal tersebut akan memudahkan orang-orang yang tidak bisa masuk ke Swedia dalam beberapa tahun belakangan akibat pandemi," kata Menteri Kehakiman dan Dalam Negeri Swedia, Morgan Johansson.

Baca juga:

Sejak Rabu (9/2/2022), Swedia mencabut larangan masuk untuk kedatangan dari negara-negara UE dan EEA, terlepas dari status vaksinasi Covid-19 mereka, dikutip dari Schengenvisainfo.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com