Kompas.com - 28/03/2022, 17:17 WIB

KOMPAS.com - Swedia berencana mencabut larangan masuk untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dari negara di luar negara-negara Uni Eropa (UE) dan Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), mulai Jumat (1/4/2022).

Dilansir dari keterangan resmi Pemerintah Swedia, Jumat (25/3/2022), kewajiban untuk menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19 dan hasil tes juga akan ditiadakan.

Baca juga:

Keputusan pencabutan ini salah satunya berhubungan dengan dihapusnya larangan masuk ke negara-negara anggota UE dan EEA. 

Badan Kesehatan Masyarakat Swedia menilai pembatasan tersebut tidak lagi menjadi tindakan pengendalian infeksi yang proporsional.

Ilustrasi Swedia.PEXELS/NACILA GD Ilustrasi Swedia.

Walau pandemi Covid-19 belum berakhir, namun wabah tersebut telah memasuki babak baru berkat tingkat vaksinasi yang tinggi. 

"Kami telah mencabut larangan masuk untuk negara-negara UE. Saat ini pemerintah telah memutuskan tidak memperpanjang larangan masuk bagi negara-negara ketiga. Hal tersebut akan memudahkan orang-orang yang tidak bisa masuk ke Swedia dalam beberapa tahun belakangan akibat pandemi," kata Menteri Kehakiman dan Dalam Negeri Swedia, Morgan Johansson.

Baca juga:

Sejak Rabu (9/2/2022), Swedia mencabut larangan masuk untuk kedatangan dari negara-negara UE dan EEA, terlepas dari status vaksinasi Covid-19 mereka, dikutip dari Schengenvisainfo.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.