Kompas.com - 28/03/2022, 20:32 WIB

KOMPAS.com - Indah atau tidaknya pemandangan saat menumpang kereta mungkin relatif, sesuai selera individu. Namun, beda cerita dengan kereta panorama dari Swiss, Bernina Express

Pasalnya, Bernina Express melintasi jalur kereta dengan pemandangan indah dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2008. 

Dikutip dari situs UNESCO, jalur kereta Rhaetian Railway di bentang alam Albula dan Bernina adalah dua jalur bersejatah yang melewati Pegunungan Alpen

Jalur kereta ini pertama kali beroperasi pada 1904 dan menjadi catatan sejarah sebagai jalur kereta yang melewati daerah terpencil Pegunungan Alpen pada awal abad ke-20. 

Baca juga: Pengalaman Naik Glacier Express, Kereta Panorama Premium di Swiss

Jalur kereta ini memberi dampak sosial dan ekonomi yang besar, tetapi secara bersamaan juga mempertahankan kelestarian lingkungan. 

Inilah yang membuat jalur kereta ini diakui UNESCO. Sebab, dari segi teknik sipil, arsitektur, dan dampak lingkungan sangat baik, bonus lanskap pemandangan yang indah. 

Jalur kereta Bernina Express membentang 122 kilometer dari Kota Chur, Davos, St. Moriz di Swiss sampai Tirano di Italia. 

Total ada 25 stasiun pemberhentian selama empat jam perjalanan. 

Namun, jika kamu tidak punya banyak waktu untuk menikmati pemandangan yang diakui UNESCO ini, pakailah jalur singkat yaitu dari St. Moritz sampai Stasiun Alps Grum. 

Jalur kereta Bernina Express yang melewati daerah terpencil Pegunungan Alpen. Dok. rhb.ch Jalur kereta Bernina Express yang melewati daerah terpencil Pegunungan Alpen.

Jalur singkat selama satu jam perjalanan ini yang Kompas.com lalui pada Winter Magic Tour STS pada Rabu (9/3/2022). 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.