Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Lokal Labuan Bajo Kini Bisa Dipesan Online Lewat Marketplace

Kompas.com - 30/03/2022, 12:03 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Sejumlah produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Labuan Bajo dan sekitarnya kini juga bisa ditemukan secara online.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan ruang para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online melalui toko resmi milik Perumda Bidadari di salah satu marketplace dengan nama “Mbaru Dami”.

Marketplace itu hadir sebagai hasil kerja sama antara Blibli dan Perumda Bidadari pada November 2021.

Baca juga: Produk Lokal Labuan Bajo Diupayakan Bisa Masuk Hotel dan Restoran

Direktur Perumda Bidadari, Sutanto Werry menjelaskan, sejak official store Mbaru Dami diluncurkan pada (01/02/2022), tercatat kurang lebih 100 varian produk UMKM/Ekraf yang dapat dibeli secara langsung melalui saluran tersebut.

Saat ini, produk tersebut juga bisa dikirim ke luar daerah dan dalam kota Labuan Bajo.

"Berharap bahwa para wisatawan yang mempunyai keterbatasan waktu untuk mengunjungi toko-toko suvenir, bisa melakukan transaksi via online dan barang dengan segera dapat dikirim ke hotel di mana mereka menginap atau pun langsung dikirimkan ke alamat kota di mana mereka berasal," jelas Werry dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (29/03/2022).

Ia pun mengajak para pelaku UMKM yang berada Labuan Bajo dan sekitarnya agar dapat bergabung untuk memanfaatkan ekosistem pemasaran terpadu secara online melalui official store Mbaru Dami.

Baca juga:

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi berharap agar para pelaku UMKM bisa memasarkan produknya sampai menembus pasar nasional, bahkan Internasional dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

"Pemkab Manggarai Barat melalui perumda Bidadari yang telah mengembangkan ekosistem pemasaran terpadu baik secara offline maupun online, sehingga sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo," ungkap Bupati Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com